Sukses

Health

Baru Terungkap, Manfaat Lain Vaksin COVID-19 bagi Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta ASI ibu hamil yang telah divaksinsi dengan vaksin mRNA COVID-19 mengandung pasokan antibodi yang signifikan, yang bisa membantu menjaga bayi tetap aman. Walaupun masih ada banyak pertanyaan seputar vaksin COVID-19 untuk ibu hamil, namun para peneliti menegaskan bahwa studi yang ada telah memberikan alasan kuat bagi para perempuan yang sedang hamil, berencana hamil, atau sedang menyusui untuk divaksinasi.

Saat bayi lahir, mereka memiliki sistem yang relatif belum matang dan akan berkembang seiring waktu. Jadi, perlindungan utama yang diterima bayi berasal dari ibunya.

Jika ibunya memproduksi antibodi yang ada dalam ASI, ada potensi perlindungan yang harus ditransfer ibu ke bayinya. Ini sangat penting, karena sekarang bayi belum bisa divaksinasi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Breastfeeding Medicine mengatakan bahwa ASI perempuan dianalisis sebelum vaksin, setelah dosis pertama, dan setelah dosis kedua, serta setelah setiap suntikan, antibodi virus Corona yang ada dalam ASI tersebut meningkat. Setelah para perempuan divaksinasi sepenuhnya, ada peningkatan sekitar 100 kali lipat dalam tingkat antibodi virus Corona ibu hamil, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

 

Manfaat vaksin COVID-19 bagi ibu hamil

Ini adalah tingkat antibodi yang lebih besar daripada yang cenderung terjadi ketika perempuan terinfeksi COVID-19 itu sendiri. Bahkan bagi perempuan yang tidak bisa atau memilih untuk tidak menyusui, vaksinasi tetap memiliki manfaat.

Ketika ibu dan orang lain yang menghabiskan waktu dengan bayi yang tidak divaksinasi, mereka secara efektif menjadi kepompong. Ini bisa menjadi tindakan pencegahan yang penting, selain langkah-langkah lain, seperti memakai masker dan membatasi aktivitas di tempat umum dalam ruangan.

Kebutuhan untuk memvaksinasi perempuan hamil dikategorikan mendesak. Perempuan hamil yang tidak divaksinasi, lalu terkena COVID-19 berada pada risiko penyakit serius yang jauh lebih besar dan rumah sakit di seluruh negeri melaporkan peningkatan pada pasien hamil.

Manfaat vaksin COVID-19 bagi ibu hamil

Para ahli berharap penelitian yang berkembang menunjukkan manfaat vaksinasi bagi perempuan dan bayi mereka memengaruhi perempuan lebih yakin untuk divaksinasi. Anak dengan usia yang lebih muda masih tidak bisa divaksinasi.

Sehingga gagasan untuk mencoba melindungi mereka yang tidak bisa melindungi diri mereka sendiri sangat penting. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Membedakan Gejala Pilek dan COVID-19
Artikel Selanjutnya
PPKM Diperpanjang, Cek Aturan Naik Kereta dan Pesawat Sampai 8 November 2021