Sukses

Health

Tak Hanya Membuat Badan Bersih, Ini 5 Manfaat Mandi untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Mandi merupakan salah satu rutinitas harian yang dilakukan setiap orang. Mandi merupakan sesuatu yang kita lakukan untuk kebersihan pribadi, waktu luang dan kesehatan. Baik mandi dengan air hangat maupun dengan air dingin tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Terlepas dari suhu, berikut ini adalah beberapa manfaat mandi untuk kesehatan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mandi dengan air hangat akan membuat jantung berdetak lebih cepat dan dapat memberikan latihan yang sehat. Ini dapat meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh karena membuat darah tidak mengental dan pembuluh berfungsi lebih baik. Pada orang tanpa penyakit jantung sebelumnya dan yang sehat, mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Otak dan Sistem Saraf dapat Memperoleh Manfaat dari Mandi

Berendam dalam air dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan dan juga menenangkan sistem saraf, mengurangi tingkat stres dan kecemasan dalam tubuh dan meningkatkan mood. Hidroterapi dapat membantu orang yang menderita multiple sclerosis karena suhu dan tekanan air dengan lembut mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada tulang belakang. Dengan memberikan stabilitas postural, air dapat meringankan gejala yang terkait dengan kondisi seperti penyakit parkinson, memberikan pasien sedikit kelegaan dan kualitas hidup yang lebih baik.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mandi air hangat dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan wasir atau fisura anus. Suhu dapat menyebabkan sfingter rileks dan membantu menyembuhkan luka setelah operasi. Meskipun mandi air hangat tidak disarankan segera setelah makan, mandi akan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat membantu pencernaan secara umum. Faktanya, sebuah penelitian independen baru-baru ini menunjukkan bahwa mandi dapat mengurangi kadar gula dalam darah, yang dapat membantu orang yang menderita diabetes untuk mengatur berat badan mereka dengan lebih baik.

Menyeimbangkan Hormon

Kondisi seperti sindrom kelelahan kronis dan beberapa masalah kesuburan dapat dibantu dengan mandi di suhu yang lebih dingin. Hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitari seperti hormon adrenokortikotropik atau ACTH dan hormon lain seperti beta endorfin dan kortisol dapat menjadi lebih seimbang. Atau, mandi air hangat dapat meningkatkan kadar serotonin, yang merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh otak yang terkait dengan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Menjaga Kelembaban Kulit

Paparan cairan melalui mandi adalah cara yang bagus untuk memastikan hidrasi tubuh dalam semua aspek. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air dan itulah sebabnya kita dianjurkan untuk minum banyak air. Tapi berendam di dalamnya juga sangat bermanfaat. Kita dapat meningkatkan ini dengan menambahkan minyak atau garam tertentu ke bak mandi, yang kaya akan mineral alami. Air panas membuka pori-pori kita dan menyebabkan kita berkeringat, yang merupakan cara alami tubuh untuk membersihkan diri. Demikian pula, air dingin dapat mengencangkan kulit kita dan mengurangi keringat dan pori-pori terbuka, sambil tetap memberikan hidrasi yang optimal.

Selain untuk menjaga kebersihan tubuh, ternyata mandi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, mulai sekarang jangan malas untuk mandi ya, Sahabat Fimela!

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading