Sukses

Health

3 Manfaat Gedebog Pisang Bagi Tubuh yang Dijual Mahal di Amerika Serikat

Fimela.com, Jakarta Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat setiap bagiannya. Tidak hanya buah, jantung hingga gedebog pisang bisa dimanfaatkan untuk kehidpan manusia.

Di Indonesia, tanaman pisang ini sangat mudah tumbuh dan ditanam di sejumlah lahan. Namun tahukah kamu jika gedebog pisang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi?

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunggah sebuah foto gedebog pisang pada akhir pekan lalu. Pada foto tersebut terungkap bahwa gedebog pisang yang dijual di Amerika Serikat dengan harga yang cukup tinggi.

"Orang Indonesia 'nangis' liat harga potongan kecil gedebog pisang yang harganya hampir seratur ribu rupiah di Amerika Serikat. Di sana potongan batang pohon pisang dijual di Hornbill Asian Market dengan harga $5,95 kurang lebih setara dengan Rp85 rib," tulis Khofifah di Instagram pribadinya.

 

Manfaat gedebog pisang

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by khofifah indar parawansa (@khofifah.ip)

Gedebog atau batang pisang sendiri memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat dari gedebog pisang?

1. Kaya serat

Kandungan pati dalam gedebog pisang mirip dengan pati tepung sagu dan tepung tapioka. Kandungan gizi yang cukup tinggi memungkinkan tanaman ini sebagia alternatif bahan pangan dan diolah menjadi tepung dan kaya karbohidrat.

2. Membantu menyembuhkan luka bakar

Ekstrak batang pisang mengandung tanin, saponin, dan flavonoid yang memiliki peran dalam proses penyembuhan luka. Senyawa saponin memiliki antiseptik yang membantu penyembuhan luka. Sementara Flavonoid yang memiliki manfaat antiinflamasi.

3. Menyerap mangan dalam air

Mangan merupakan unsur logam yang kerap ditemukan di alam. Pada konsentrasi tinggi, mangan akan memberikan noda cokelat kemerahan serta memberikan rasa pahit pada air minum. Batang pisang berfungsi untuk menyerap logam mangan dalam air.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading