Sukses

Health

6 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Kamu Ingin Vaksin Flu di Tengah Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Musim flu tahun ini mungkin akan sedikit berbeda dari sebelumnya, yang tentu akan memengaruhi pertimbanganmu saat mendapatkan vaksin flu. Flu mungkin seperti penyakit yang relatif ringan, namun dalam beberapa kasus, bisa menjadi serius.

CDC menjelaskan bahwa bahkan jika kamu terkena flu yang tidak parah, kamu masih bisa menularkannya ke orang lain yang lebih rentan dan menempatkan orang tersebut pada risiko komplikasi yang serius. Selain mengurangi risiko flu, ada manfaat altuistik dari mendapatkan vaksin flu saat ini.

Namun, karena adanya varian Delta yang muncul, seperti dilansir dari self.com, ini dia beberapa pertimbangan yang harus kamu ketahui jika ingin vaksin flu di tengah pandemi COVID-19. Penasaran apa saja?

1. Siapa yang harus mendapatkan vaksin flu?

Menurut CDC, setiap orang yang berusia 6 bulan ke atas harus mendapatkan vaksin flu, kecuali dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, seperti alergi terhadap bahan dalam vaksin. Sangat penting bagi setiap orang untuk mendapatkan vaksin ini, terutama mereka yang berisiko lebih tinggi mengembangkan konsekuensi flu yang lebih parah.

2. Kapan harus mendapatkan vaksin flu?

Waktu yang ideal untuk mendapatkan vaksin flu adalah sebelum musim flu tiba. Kamu harus segera divaksin jika vaksin sudah tersedia.

 

 

3. Bisakah mendapatkan vaksin COVID-19 dan vaksin flu secara bersamaan?

Tahun lalu, CDC merekomendasikan untuk menunggu 14 hari antara suntikan vaksin COVID-19 dengan vaksin flu. Tapi di tahun ini, ada cukup data yang memperbolehkan vaksin COVID-19 dan vaksin flu dilakukan secara bersamaan, selama dilakukan berdasarkan persetujuan dari penyedia layanan kesehatan.

4. Bagaimana dengan anak-anak?

Anak masih harus rutin mendapatkan vaksin yang mereka perlukan, buatlah janji dengan dokter anak yang biasa kamu temui. CDC merekomendasikan agar anak-anak melanjutkan jadwal vaksin mereka yang biasa selama pandemi.

5. Apakah tindakan pencegahan yang kita ambil untuk penyebaran COVID-19 juga bisa membantu mengatasi flu?

Ya! Semua protokol kesehatan masyarakat yang saat ini kita gunakan untuk mengurangi penyebaran virus Corona, seperti memakai masker, mencuci, dan membersihkan tangan setiap saat, serta menjaga jarak juga bisa membantu kita menghindari flu.

6. Bagaimana pandemi COVID-19 mengubah pola normal penyakit musiman, seperti flu?

Para peneliti masih mencari tahu tentang ini, tapi data saat ini menunjukkan bahwa tindakan pencegahan yang kita ambil untuk penyebaran COVID-19, secara signifikan juga mengurangi aktivitas flu, dan mengubah pola virus pernapasan musiman. Selama pandemi, banyak orang menjadi sangat sadar akan penyakit pernapasan, mengambil tindakan cepat untuk menjaga diri mereka tetap aman, dan memilih berhati-hati dengan tinggal di rumah.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui 4 Syarat Utama Bagi Penerima Vaksin COVID-19 Booster
Artikel Selanjutnya
Peringkat 5, Indonesia Menjadi Negara dengan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lengkap Terbanyak di Dunia