Sukses

Health

7 Tanda Penting tentang Kesehatan Gigi dan Mulut

Fimela.com, Jakarta Memiliki gigi yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Betapa tidak, gigi yang putih bersih serta tersusun rapi akan lebih membuat kita tampil lebih percaya diri.

Tidak hanya menunjang penampilan, kesehatan gigi juga dapat mempengaruhi banyak hal. Salah satunya pada kesehatan tubuh.

Sayangnya, selama tidak merasakan sakit, orang umumnya menganggap giginya sehat. Padahal, belum tentu. Lalu apa ciri-ciri gigi sehat? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 tanda gigi dan mulut sehat.

1. Gigi putih sedikit kekuningan

Salah satu ciri gigi sehat bisa dilihat dari warnanya. Warna gigi sehat adalah putih sedikit kekuningan.  Sedangkan warna gigi tidak sehat adalah kuning. Penyebab gigi kuning beragam, namun kebanyakan adalah dari gaya hidup yang tidak sehat, serta cara pembersihan gigi yang kurang tepat.

2. Gigi kokoh

Ciri gigi sehat lainnya adalah gigi kokoh. Dalam hal ini berarti gigi tidak goyang. Apabila gigi kamu goyang, ini bisa menjadi tanda adanya penyakit gusi. Segera konsultasikan dengan dokter gigimu.

3. Gigi tidak berlubang

Lubang pada gigi dapat menjadi sarang bagi berbagai macam bakteri. Jika dibiarkan, gigi berlubang dapat menyebabkan komplikasi ke jaringan tubuh lainnya, salah satunya penyakit jantung.

Oleh karena itu pastikan kamu rutin menyikat gigi. Pastikan kamu menyikat gigi 2 kali sehari di waktu yang tepat. Yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

4. Tidak ada plak dan karang gigi

Karang gigi dan plak adalah salah satu indikator bahwa gigi tidak sehat. Sebaliknya, gigi sehat tentu tidak memiliki plak dan karang gigi.

Karang gigi itu sendiri terbentuk karena sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna. Oleh karena itu, membersihkan gigi hanya dengan sikat gigi saja tidak cukup. Sebab, dengan sikat gigi sisa makanan yang ada di sela-sela gigi sulit terjangkau sehingga seringkali tidak terbersihkan dengan baik.

5. Gusi merah muda

Warna gusi yang merah muda menunjukkan bahwa ada aliran darah yang cukup di gusi kamu. Gusi yang sehat juga bermanfaat untuk menahan gigi agar tetap di tempatnya.

Oleh karena itu kamu juga harus berhati-hati terhadap setiap pendarahan yang terjadi di gusi kamu.

6. Lidah lembap

Lidah lembap dan tidak kering menunjukkan bahwa lidah kamu sehat. Lidah yang lembap juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang mampu membuat mulut mengeluarkan bau yang tak sedap.

Untuk dapat menjaga kebersihan lidah, pastikan kamu selalu menyikat lidah sesaat setelah menggosok gigi.

7. Tidak ada darah saat menyikat gigi atau flossing

Gigi dan gusi yang sehat seharusnya tidak berdarah saat kamu  menyikat gigi secara teratur. Jika gigimu mengeluarkan darah jangan dibiarkan, segera berkonsultasi dengan dokter gigi kamu jika kamu melihat pola yang berulang.

Sebab, penyebab nomor satu gusi berdarah adalah plak yang menumpuk di sepanjang garis gusi kami. Jadi pastikan untuk menyikat dengan lembut di sepanjang permukaan gigi kamu untuk mencegah gingivitis (radang gusi).

Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut? Yuk, Jangan lewatkan acara FIMELA X PEPSODENT "CERITA SOAL GIGI".

Bersama drg. R. Rahardyan Parnaadji, M.Kes.,Sp.Pros. - Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia & Brand Representative: Distya Tarworo Endri – Senior Brand Manager for Pepsodent dan Tasya Kamila secara Live stream 7 Oktober 2021. Daftarkan langsung diri kamu ke sini secara gratis!

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading