Sukses

Health

Dari Edukasi – Sing Along, Intip Serunya Talkshow ‘Yuk Sikat Gigi Sekarang untuk Senyum Indonesia’

Fimela.com, Jakarta Sering disepelekan lantaran dinilai nggak berpengaruh bagi tubuh, nyatanya menjaga kesehatan gigi berkontribusi nyata dalam menjaga kesehatan. Stigma inilah yang membuat kesehatan gigi dan mulut Indonesia terganggu.

Untuk memberikan edukasi secara menyenangkan, Pepsodent dan Fimela.com mengadakan sebuah talkshow inspiratif bertajuk Yuk Sikat Gigi Sekarang untuk Senyum Indonesia. Talkshow keren ini telah dilangsungkan pada hari Kamis lalu, 7 Oktober 2021.

Menghadirkan pembicara menarik seperti drg. Rahardyan Parnaadji, M.Kes., Sp. Pros (Ketua AFDOKGI), Distya Tarworo Endri (Senior Brand Manager Pepsodent) serta Tasya Kamila (Public Pigure), talkshow ini memberikan edukasi menarik bagi masyarakat. Buat kamu yang ketinggalan, yuk intip kembali keseruan dari talkshow ini.

Gigi Berlubang Parah Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung

Hadir dalam talkshow ini adalah drg. Rahardyan Parnaadji, M.Kes., Sp. Pros (Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia). Dalam keterangannya, drg. Rahardyan mengatakan jika gigi berlubang membuat permasalahan yang lebih kompleks hingga menyebabkan gangguan jantung.

"Permasalahan gigi berlubang bisa parah jika kerusakannya masuk ke dalam rongga gigi. Kerusakan pada rongga inilah yang menyebabkan bakteri menyebar ke seluruh tubuh termasuk ke aliran darah. Jika dibiarkan maka bisa mengganggu jantung," tutur drg. Rahardyan.

Untuk mengatasi hal tersebut, mencegah kerusakan gigi sifatnya krusial. Hal ini menjadi penting karena gigi yang sudah mengalami kerusakan bahkan berlubang parah akan memiliki gangguan dan sulit untuk mengembalikan seperti semula.

"Sangat penting untuk melakukan sikat gigi 2x sehari. Agar tidak salah kaprah, waktu yang tepat menyikat gigi adalah pada pagi hari setelah sarapan serta malam menjelang tidur. Dua waktu tersebut penting karena sikat gigi di pagi hari berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan serta di malam hari untuk mencegah bakteri saat tidur," lanjut drg. Rahardyan.

Tanamkan Kebiasaan Sikat Gigi Teratur Sedini Mungkin

Dikenal sejak kecil sebagai artis cilik, kini aktris dan penyanyi Tasya Kamila menjalankan perannya sebagai ibu. Kesibukan sebagai public figure pun kini tetap berjalan beriringan dengan menjalankan peran sebagai orang tua. Tasya pun mengaku selama pandemi mengalami banyak perubahan kebiasaan, namun tetap secara rutin menjalankan sikat gigi pagi dan malam.

"Memang di masa pandemi ini banyak aktivitas yang berubah. Tapi untuk urusan sikat gigi tetap dilakukan secara rutin. Ini penting banget mengingat lebih baik mencegah kerusakan gigi daripada mengobati," ujar Tasya.

Tasya yang kini memiliki anak berusia 2 tahun mengungkapkan jika dirinya mengajarkan si kecil untuk disiplin menyikat gigi sedini mungkin. Anak bernama Arrasya tersebut telah dikenalkan untuk menjaga kesehatan gigi oleh sang bunda.

"Arrasya sekarang sudah 2 tahun, dan dia sudah mulai aktif menirukan gerakan sambil memegang sikat gigi. Aku juga mengajak dia menonton video animasi dari Pepsodent x Cartoon Network untuk mengajarkan Arrasya menyikat gigi secara menyenangkan," tutur pelantun LIBUR TELAH TIBA tersebut.

Pepsodent Berkomitmen Penuh untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Gigi

Nama lain yang turut hadir dalam talkshow ini adalah Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent. Distya mengatakan jika Pepsodent berkomitmen penuh untuk memberikan kesadaran kesehatan gigi.

"Pepsodent akan terus berupaya meningkatkan kesadaran serta solusi terhadap kesehatan gigi dan mulut. Salah satunya adalah dengan campaign #YukSikatGigiSekarang yang tengah berlangsung saat ini," ujar Distya.

Nggak main-main, campaign #YukSikatGigiSekarang ini memiliki 3 pilar utama, yaitu Inovasi, Dukungan, dan Edukasi (IDE). Inovasi yang dilakukan antara lain berkomitmen melakukan pencegahan melalui terobosan yang kami lakukan pada produk Pepsodent, termasuk pro flouride extract yang melindungi gigi 10x lebih kuat.

Sedangkan untuk Dukungan, Pepsodent serta Unilever telah bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). Kerjasama ini berbentuk layanan teledentristy yang bisa diakses masyarakat secara mudah. Caranya adalah dengan menghubungi nomor WhatsApp 0878-8876-8880 untuk kemudian bisa mendapatkan konsultasi kesehatan gigi dari para ahli.

Sementara itu, pilar Edukasi yang dilakukan adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya menyikat gigi pagi dan malam hari. Ini sejalan dengan komitmen Pepsodent yang telah 25 tahun meningkatkan kesadaran menyikat gigi bagi masyarakat Indonesia.

Nggak ketinggalan, host Kieky Cahya juga mengajak seluruh peserta talkshow inspiratif bertajuk Yuk Sikat Gigi Sekarang untuk Senyum Indonesia ini untuk sama-sama menjaga kesehatan gigi untuk kehidupan yang lebih indah. Ikrar tersebut pun diucapkan bersama-sama dengan janji sebagai berikut.

  1. Menyikat gigi 2x sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
  2. Rajin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali
  3. Cegah gigi berlubang untuk hidup sehat

Ditutup dengan Sing Along dari Ziva Magnolya

Serunya talkshow Yuk Sikat Gigi Sekarang untuk Senyum Indonesia ditutup oleh penampilan menawran dari Ziva Magnolya. Solois muda berbakat jebolan Indonesian Idol tersebut total membawakan 5 lagu yang membuat penonton bisa sing along secara virtual.

Setelah dibuka dengan menyanyikan SENYUM INDONESIA SENYUM PEPSODENT, Ziva membawakan hits single andalannya seperti SAMPAI KAPAN, MATA-MATA HARIMU, dan TAK SANGGUP MELUPA #TERLANJUR MENCINTA. Sebagai penutup, Ziva sekali lagi mengajak penonton nyanyi bareng lewat lagu lagu kolaborasinya bersama Rizky Febian yaitu TERLUKIS INDAH.

See, banyak banget kan keseruan yang didapat dari talkshow Yuk Sikat Gigi Sekarang untuk Senyum Indonesia hari ini. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi secara menyeluruh ya, Sahabat Fimela. Biasakan juga untuk menyikat gigi 2x sehari pada pagi setelah sarapan serta malam sebelum tidur!Yuk sikat gigi sekarang!

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Nggak Cuma Nikmat tapi Kaya Manfaat, Semua Kandungan Madu Kini Tersedia di Sirup Indofood Freiss
Artikel Selanjutnya
Berlangsung Meriah, Hari Pertama IdeaFest 2021 Hadirkan Fugur Ternama & Momen Inspiratif