Sukses

Health

9 Penyakit yang Harus Diwaspadai sebagai Komplikasi dari Psoriasis

Fimela.com, Jakarta Belum ada obat untuk psoriasis, yang menyebabkan peradangan, bercak gatal, dan bersisik di seluruh tubuh. Tapi ada perawatan yang bisa membantumu mengendalikan gejalanya.

Dengan psoriasis, orang juga bisa memiliki risiko lebih tinggi untuk berbagai kondisi kesehatan lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang dengan psoriasis tingkat sedang hingga parah, memiliki risiko komorbiditas yang lebih tinggi.

Dilansir dari self.com, berikut ini adalah beberapa penyakit yang harus diwaspadai sebagai komplikasi dari psoriasis. Penasaran apa saja?

1. Penyakit autoimun

Saat kamu memiliki penyakit autoimun, seperti psoriasis, sistem kekebalanmu menjadi sedikit rusak dan secara keliru menyerang sel-sel sehat, yang seringkali memicu gejala misterius sebelum kamu memahaminya. Ada lebih dari 80 kondisi autoimun yang memengaruhi berbagai bagian tubuh. Tidak ada cara pasti untuk menghindari berkembangnya beberapa gangguan autoimun, tapi kamu bisa menjaga psoriasis tetap terkendali dengan minum obat secara teratur dan langsung menghubungi dokter jika kondisi memburuk.

2. Psoriatic arthritis

PsA juga merupakan kondisi autoimun, memiliki hubungan yang lebih spesifik dengan psoriasis daripada penyakit autoimun lainnya. PsA paling sering muncul 1 sampai 10 tahun setelah gejala psoriasis muncul dan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mulai menyerang sendi yang sehat atau tendon, menyebabkan peradangan, nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada tangan, lutut, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.

3. Penyakit kardiovaskular

Ada banyak penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis bisa menyebabkan penumpukan lemak dan kolestrol yang disebut plak di arteri. Seiring waktu dan jika kamu memiliki banyak penumpukan, plak bisa pecah dan akhirnya menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Penting diketahui bahwa perawatan psoriasis tertentu, termasuk hormon steroid, retinoid, dan beberapa obat imunopresif bisa membuat ketidakseimbangan kadar lipid tertentu, yang akhirnya bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Jika kamu menggunakan salah satu obat ini, bicarakan dengan dokter tentang risiko apapun yang harus diketahui.

 

4. Depresi

Didiagnosis dengan penyakit kronis memengaruhi lebih dari sekedar kesehatan fisik. Sulit untuk menentukan angka pastinya, tapi 16,5% individu dengan psoriasis melaporkan memiliki geala yang bisa didiagnosis sebagai Depresi berat.

5. Kecemasan

Munculnya psoriasis tidak bisa diprediksi, yang wajar jika menyebabkan kecemasan. Sekitar 2 hingga 23% orang dengan psoriasis melaporkan mengalami kecemasan dibandingkan dengan 1 hingga 11% di antara mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut.

6. Penyakit Parkinson

Parkinson adalah suatu kondisi neurologis yang menyebabkan tremor, otot kaku, dan masalah berjalan. Dari sebuah meta analisis di tahun 2016, 4 studi menyebutkan bahwa 66.000 orang menderita psoriasis, di mana 38%nya lebih mungkin mengembangkan Parkinson, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidap psoriasis.

 

7. Sindrom metabolik

Ini adalah kumpulan masalah kesehatan yang bisa meningkatkan risikomu mengalami serangan jantung, stroke, dan diabetes. Psoriasis, terutama tingkat yang parah, berkorelasi dengan berkembangnya setiap kondisi individu dalam sindrom metabolik.

8. Penyakit mata

Jika kamu menderita psoriasis, kamu memiliki risiko lebih tinggi terkena kondisi mata, seperti konjungtivitis, mata kering, uveitis, dan katarak.

9. Diabetes tipe 2

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang dengan psoriasis juga mengembangkan diabetes tipe 2, yang merupakan kondisi lain yang berkaitan dengan peradangan. Inilah mengapa mengobati psoriasis dengan cepat dan efektif sangat penting untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan kondisi lain seperti yang disebutkan di atas.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading