Sukses

Health

Vaksin Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dilakukan Jika 70 Persen Target Dosis Tercapai

Fimela.com, Jakarta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Sinovac untuk anak 6 hingga 11 tahun. Namun, pemerintah belum menentukan waktu pasti dimulainya vaksin Covid-19 pada kelompok umur tersebut.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan vaksin Covid-19 untuk anak 6-11 tahun dilakukan setelah vaksinasi nasional mencapai lebih dari 70 persen dan vaksinasi pada lansia di atas 60 persen.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Menko PMK, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilakukan, setelah cakupan vaksinasi dosis pertama secara nasional telah melebihi 70 persen dari total sasaran dan lebih dari 60 persen populasi lansia," ujar Wiku, di Media Center Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (2/11/2021), dikutip Health Liputan6.com.

"Dan vaksinasi ini (anak usia 6-11 tahun) dimulai dari kabupaten/kota yang telah memenuhi target tersebut (vaksinasi dosis pertama dan lansia),” lanjutnya.

Target capaian vaksinasi 70 persen akhir 2021

Terkait capaian vaksinasi dosis pertama lebih dari 70 persen, Wiku Adisasmito mengatakan, Pemerintah kini berusaha mencapai target ini di akhir tahun 2021. Selanjutnya, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat dimulai.

"Nantinya, target vaksinasi pada anak menyentuh sekitar 26,4 juta orang dengan kebutuhan dua dosis per orang. Vaksinasi pada target anak akan menjadi wajib dalam rangka melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya, mengingat kegiatan aktivitas sosial masyarakat, termasuk di sektor pendidikan secara bertahap kembali berjalan normal,” tambahnya.

Sebelumnya, Menko Muhadjir Effendy menyampaikan, vaksinasi anak-anak akan dilaksanakan setelah ada izin dan diterapkan pada tahap awal di daerah yang sudah tinggi vaksinasi terhadap lansia.

“Vaksinasi akan dipercepat dengan target Desember 2021 untuk dosis 2 di atas 60 persen,” ucap Muhadjir usai rapat terbatas bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Senin, 1 November 2021.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia Waspada COVID-19 Varian Omicron, Pemerintah Diminta Suntik Vaksin Booster ke Pekerja Esensial
Artikel Selanjutnya
Warga Diminta Tak Ragu dengan Vaksin Pfizer dan AstraZeneca, Menkes Pastikan Aman