Sukses

Health

Waspada Varian Corona AY.4.2 Sudah Menyebar di Malaysia, Ini Antisipasi Indonesia

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini, varian corona AY.4.2 atau Delta Plus ditemukan di Malaysia. Diketahui, virus tersebut terdeteksi pada dua orang siswa yang baru pulang dari Inggris pada 2 Oktober 2021 lalu. 

Mengetahui hal tersebut, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, saat ini Pemerintah turut mewaspadai soal masuknya varian corona AY.4.2 yang disebut-sebut ganas tersebut ke Tanah Air.

AY.4.2 sudah ditemukan di Malaysia, tetapi belum atau tidak terdeteksi di Indonesia sampai sekarang. Dan kita melakukan genome sequencing antara 1.500 sampai 1.800 sebulan,” ujar Menkes Budi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (8/11/2021), dilansir Health Liputan6.com.

Selain itu, Budi juga mengatakan pemerintah akan melakukan pengetatan di pintu perbatasan. Hal ini dilakukan mengingat banyak orang dari Malaysia termasuk WNI yang bolak balik masuk Indonesia.

"Kita tetap jaga-jaga perbatasan apalagi ini Malaysia, banyak orang Indonesia pulang pergi baik lewat darat, laut, dan udara. Akan kita tingkatkan penjagaanya agar kita bisa menahan masuknya potensi baru," jelas Budi.

 

Cegah Sebelum Delta Plus Menyebar di Indonesia

Pencegahan masuknya subvarian Delta satu ini alias Delta Plus perlu dilakukan. Mengingat Indonesia bakal menjadi tuan rumah pertemuan G20 di Bali pada 2022. Serta ada banyak acara internasional digelar tahun depan.

"Arahan Bapak Presiden, khususnya kota-kota yang jadi host G20 harus dijaga dengan benar. Harus diperhatikan dengan hati-hati," pesan Budi.

Corona AY.4.2 disebut-sebut menjadi penyebab meningkatnya kasus di Inggris. Data di sana menunjukkan bahwa AY.4 sudah sekitar 63 persen dari kasus baru negara itu dalam sebulan terakhir. Sementara itu, AY.4.2. juga terus meningkat angkanya di Inggris.

Pada data 4 sampai 11 Oktober 2021, 8,5 persen kasus baru Inggris adalah AY.4.2, lalu naik menjadi 10,3 persen pada data 11 sampai 18 Oktober 2021. Bahkan, naik lagi menjadi 11,3 persen pada data mingguan 18 sampai 25 Oktober 2021.

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Aturan Lengkap Perjalanan Internasional Lewat Jalur Darat untuk Cegah Varian Baru Covid-19 Omicron
Artikel Selanjutnya
Sederet Negara yang Telah Terdeteksi Omicron Varian Baru Covid-19, Ada Indonesia?