Sukses

Health

9 Sayur Penyebab Darah Tinggi dan Kolesterol Naik yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan kematian mendadak. Darah tinggi disebabkan karena adanya penumpukan lemak di arteri, faktor keturunan, dan faktor gaya hidup yang tidak sehat.

Darah tinggi bisa menyebabkan kolesterol naik dengan drastis, serangan jantung, stroke, gangguan ginjal dan disfungsi seksual komplikasi. Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi biasanya akan mengalami sakit kepala, sesak napas, dada terasa nyeri, keluar darah dari urine, dan penglihatan terlihat buram. Beberapa kondisi dapat membuat penderitanya kehilangan kesadaran.

Tekanan darah tinggi dapat dipengaruhi oleh pola hidup kurang sehat. Untuk mencegah tekanan darah tinggi, Sahabat Fimela bisa menghindari makanan dan sayuran penyebab darah tinggi. Berikut makanan dan sayuran penyebab darah tinggi atau kolesterol naik:

Makanan Penyebab Darah Tinggi dan Kolesterol

1. Daging Berlemak

Makanan penyebab darah tinggi dan kolesterol yang pertama adalah daging berlemak. Lemak yang terkandung dalam daging adalah lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh bisa menyebabkan aliran pembuluh darah terhambat, sehingga menyebabkan hipertensi dan berisiko terkena serangan jantung.

2. Daging Olahan

Daging olahan adalah daging yang diolah menggunakan pengasinan, fermentasi, dan pengasapan. Daging olahan di awetkan menggunakan bahan dan zat kimia berlebih. Selain mengandung lemak jenuh, daging olahan juga mengandung natrium dan gula yang tinggi. Sehingga daging olahan ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol naik.

3. Ikan Asin

Ikan asin adalah ikan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Ikan asin memiliki rasa yang gurih, tetapi bisa memicu tekanan darah tinggi dan kolesterol naik. Untuk itu, hindari mengonsumsi ikan asin kalau kamu memiliki riwayat hipertensi dan penyakit jantung.

Sayuran Penyebab Darah Tinggi dan Kolesterol Naik

4. Tomat Kalengan

Tomat adalah sayuran yang menyehatkan, karena memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tetapi kalau kamu memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari mengonsumsi tomat kalengan, seperti saus tomat atau pasta tomat. Karena tomat kalengan memiliki kandungan pengawet dan sodium yang tinggi, bahkan dapat menaikkan kadar kolesterol jahat.

5. Sayuran Frozen

Ada beberapa sayuran yang dijual dalam bentuk frozen atau sayuran yang diawetkan dalam kaleng. Sayuran ini tidak baik untuk dikonsumsi dan bisa jadi penyebab darah tinggi ataupun kolesterol naik, karena sayuran tersebut mengandung gula, natrium dan garam berlebih.

6. Sup Kalengan

Biasanya sup terbuat dari berbagai macam sayuran, yang memiliki kandungan gizi lengkap dan bermanfaat untuk tubuh. Tetapi sup kalengan mengandung sodium yang tinggi, yang meningkatkan aliran darah atau hipertensi. Terlalu banyak makan sup kalengan juga bisa menyebabkan kolesterol naik, stroke dan kanker.

7. Salad Dressing

Walaupun dianggap sebagai makanan yang menyehatkan, tetapi salad dressing bisa menyebabkan tekanan darah tinggi ataupun kolesterol dan berbahaya untuk kesehatan. Karena salad dressing mengandung garam, gula dan lemak jenuh yang tinggi. Sebaiknya ganti salad dressing menggunakan minyak zaitun yang lebih menyehatkan.

Minuman Penyebab Darah Tinggi dan Kolesterol

8. Minuman Terlalu Manis

Selain makanan dan sayuran, kamu juga harus menghindari minuman yang terlalu manis. Karena minuman manis memiliki kandungan gula tambahan, yang menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol naik, serangan jantung, stroke dan diabetes tipe 2.

9. Minuman Alkohol

Minuman alkohol tidak baik untuk dikonsumsi. Selain menyebabkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, alkohol bisa menyebabkan kerusakan pada saraf, gangguan jantung, sistem metabolisme menurun, gangguan fungsi hati, obesitas dan stroke.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading