Sukses

Health

10 Hal Penyebab Flu yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Flu adalah penyakit yang biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus, yang menyerang tubuh saat kondisi sistem imunitas lemah. Flu atau influenza ini biasanya dialami pada saat musim pancaroba, dan bisa menular ke orang lain.

Biasanya flu akan dialami selama 7 hingga 10 hari. Pada hari ke 4 penyakit ini akan bertambah parah dan bisa menular, hingga akhirnya penyakit ini membaik dan sembuh. Orang yang mengalami flu biasanya akan merasa kesusahan dalam beraktivitas, karena badan terasa lemas, demam tinggi, sakit kepala, batuk-batuk dan sakit tenggorokan.

Kalau Sahabat Fimela mengalami flu lebih dari 10 hari, dan gejala flu semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut hal penyebab flu yang harus dihindari, dilansir dari Merdeka.com:

Penyebab Flu

Penyebab flu yang utama disebabkan karena infkesi virus, yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Selain itu, flu juga bisa disebabkan karena hal lain yang melemahkan sistem imunitas tubuh, seperti berikut ini:

  1. Terlalu stres
  2. Kontak erat dengan pengidap flu
  3. Merokok
  4. Olahraga ekstrem dengan intensitas tinggi
  5. Mengonsumsi alkohol
  6. Jangan mencuci tangan sebelum makan
  7. Tidak menggunakan sabun anti bakteri
  8. Sering begadang
  9. Tidak mengonsumsi makanan bergizi
  10. Berbagi peralatan makan dengan orang lain

Gejala Flu

Seseorang yang mengalami flu bisa mengalami beberapa gejala, yang bisa dirasakan secara langsung atau membutuhkan waktu beberapa hari, setelah terinfeksi virus penyebab flu.

Pada umumnya, gejala flu yang dirasakan adalah sakit tenggorokan, bersin, pilek, demam tinggi, badan terasa pegal-pegal, nafsu makan hilang, sakit kepala, dan keluar keringat dingin.

Orang yang mengidap flu akan mengalami gejala selama beberapa hari, dan pada hari ke 7 gejalanya akan semakin parah, hingga akhirnya gejala flu mereda dan bisa sembuh.

Komplikasi Flu

Kalau kamu mengalami gejala-gejala flu, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari komplikasi flu. Walaupun flu ini sering dialami saat musim pancaroba, tetapi sakit flu tidak boleh disepelekan begitu saja.

Flu yang tidak segera disembuhkan bisa memicu komplikasi penyakit seperti serangan asma, gangguan jantung, infeksi telinga, pneumonia, bronkitis dan COVID-19. Penyakit flu ini juga bisa mengancam nyawa penderitanya.

Selain itu, agar flu ini tidak menular kepada orang lain, sebaiknya gunakan alat perlindungan diri seperti masker, dan jaga jarak terhadap orang lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading