Sukses

Health

Apakah Tes COVID-19 yang Dilakukan Sendiri di Rumah Bisa Dianggap Akurat?

Fimela.com, Jakarta Mungkin beberapa dari kamu juga sudah mencoba melakukan tes COVID-19 sendiri di rumah, benar, Sahabat FIMELA? Pertanyaan besarnya adalah apakah tes COVID-19 yang dilakukan sendiri di rumah, seakurat yang dikelola oleh para profesional?

Apakah ada hal-hal tertentu yang harus dicari ketika memilih tes COVID-19 di rumah? Simak ini.

1. Apakah tes COVID-19 di rumah benar-benar berfungsi?

Jawabannya adalah iya dan tidak. Tes COVID-19 yang dilakukan sendiri di rumah dirancang agar lebih mudah digunakan, daripada tes COVID-19 yang dilakukan di laboratorium besar dan karenanya seringkali mereka menggunakan metode yang berbeda untuk mengidentifikasi bukti infeksi, seperti dilansir dari huffpost.com.

Kompromi dalam desain tes COVID-19 ini biasanya menghasilkan tes yang kurang akurat daripada PCR tipikal atau tes molekuler lain yang mungkin kamu terima dalam pengaturan medis. Walaupun kamu bisa mengatakan bahwa tes COVID-19 di rumah yang saat ini tersedia, berfungsi, tapi mereka memiliki keterbatasan.

2. Adakah sesuatu yang harus diketahui seseorang yang berencana melakukan tes COVID-19 di rumah tentang yang benar dan salah untuk melakukannya?

Administrasi tes COVID-19 di rumah membutuhkan tingkat presisi yang tinggi untuk memastikan kamu mendapatkan hasil yang tepat. Sebagian besar tes COVID-19 di rumah bergantung pada pengguna yang mengikuti instruksi dengan sempurna, yang mengharuskan membaca instruksi setidaknya sekali sebelum melakukan tes. Sangat penting untuk membaca instruksi terperinci untuk setiap petunjuk atau peringatan.

 

3. Apakah ada merek atau jenis tes tertentu yang direkomendasikan?

Tes paling akurat adalah PCR atau tes molekuler lainnya. PCR atau tes tipe molekuler ini akan memiliki akurasi yang paling dekat dengan tes laboratorium rumah sakit besar.

4. Kapan orang yang divaksinasi lengkap harus dites sendiri untuk COVID-19, jika mereka kontak penuh dengan kasus positif atau menunjukkan gejala?

Jika kamu telah divaksinasi lengkap, tapi kontak erat atau mengalami gejala tertentu, segera lakukan tes COVID-19. Karena orang yang telah divaksinasi lengkap sekalipun, masih bisa menginfeksi orang lain di sekitarnya.

5. Jika melakukan tes COVID-19 sendiri di rumah dan hasilnya positif, apa yang harus dilakukan?

Jika kamu dites positif dengan tes COVID-19 di rumah, CDC merekomendasikan agar mengkonfirmasi hasil ini dengan PCR atau tes molekuler lainnya, seperti yang dilakukan di laboratorium besar berbasis rumah sakit.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading