Sukses

Health

Epidemiolog Ingatkan Potensi Kenaikan Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Masyarakat Harus Tetap Waspada

Fimela.com, Jakarta Meskipun kasus Covid-19 di Indonesia kian melandai, ahli Epidemiolog mengingatkan potensi kenaikan kasus Covid-19 yang masih tinggi. Oleh karena itu, masyarakat harus tetap waspada, protokol kesehatan (prokes) tidak boleh diabaikan masyarakat.

"Risiko terjadinya kenaikan kasus masih tinggi, meskipun tidak setinggi pasca liburan Nataru tahun lalu atau pasca Idul Fitri,” kata Ahli Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan, Minggu (21/11/2021), dikutip Liputan6.com.

Maka dari itu, Iwan menegaskan semua harus bersama sama menjaga agar tidak terjadi lagi kenaikan kasus Covid-19.  Terutama dalam melaksanakan PPKM sesuai dengan indikatornya.  Artinya, kata dia, level PPKM bisa diturunkan dan dinaikkan lagi jika terjadi peningkatan transmisi kasus Covid-19 atau berkurangnya kapasitas respons menurut kabupaten/kota.

“Jika masyarakat tidak mau level PPKM dinaikan lagi, maka kita harus menjaga agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 lagi. Caranya dengan konsisten melakukan prokes, PeduliLindungi, vaksinasi dan tes-lacak-isolasi kasus,” ungkapnya

 

Turunkan Risiko Penularan

Lebih lanjut, Iwan mengatakan protokoler kesehatan merupakan tindakan sederhana yang bisa dilakukan semua orang dan dapat sangat menurunkan risiko tertular atau menularkan Covid-19. Dia menuturkan prokes harus dilakukan dengan baik dan konsisten.

“Agar kita dapat mencegah kenaikan jumlah kasus Covid-19, sehingga kita semakin aman dan nyaman melakukan aktivitas ekonomi dan sosial,” pungkasnya.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading