Sukses

Health

Penelitian Menunjukkan Vaksin Covid-19 Tidak Berkaitan dengan Penyakit Kanker

Fimela.com, Jakarta Beredar di media sosial klaim salah yang menyatakan bahwa Vaksin Covid-19 dapat mengakibatkan kanker. Menanggapi hal ini, Jeanne D'Agostino, Juru Bicara dari sebuah Pusat Kanker menjelaskan bahwa artikel yang beredar tersebut adalah menghadirkan klaim yang salah.

Dirinya juga menambahkan, banyak pihak yang salah mengartikan temuan penelitian pihak mereka dan menarik kesimpulan yang salah tentang risiko vaksin.

"Lebih dari 6 miliar orang di seluruh dunia telah menerima vaksin Covid-19, dan insiden (dari) kanker dan penularan HIV belum ada yang melapor sebagai hubungan sebab akibat dari vaksin," ujar Alcendor, dilansir USA Today, pada Kamis (4/11/2021).

Brian Lichty, profesor di Departemen Patologi dan Kedokteran Molekuler di Universitas McMaster, Kanada juga menyebutkan bahwa vaksin yang terdiri dari mRNA telah disintesis atau melalui proses pengecekan semasa produksi.

mRNA sebelumnya juga telah dibuat dan telah melalui uji klinis sehingga tidak memiliki peluang kesalahan dalam transkripsi. "Itu hanya mengkodekan protein virus corona," ujar Lichty, dilansir AFP Fact Check, pada Jumat (19/03/2021).

Hanya terdapat satu jenis RNA dalam sel yakni molekul beruntai tunggal yang melengkapi salah satu untai Gen DNA dan memainkan peran penting dalam sintesis protein, yang memungkinkan tubuh bekerja. mRNA bertugas untuk membaca kode genetik dan membuat protein spesifik.

“Pada jenis penyakit leukemia tertentu, proses ini kacau sehingga transkripsi menghasilkan mRNA yang tidak akurat, dan terjadi penekan protein tumor tertentu yang mungkin tidak dibuat dengan benar, berkontribusi pada sel leukemia,” ujar Lichty.

"Masalah dalam sel kanker adalah kesalahan di masa transkripsi (genetik). Masalahnya bukan 'mRNA dapat menyebabkan kanker," tutup Lichty.

 

(Penulis: Azarine Jovita Halim/Universtitas Multimedia Nusantara)

Sumber: https://factcheck.afp.com/study-did-not-find-link-between-covid-19-mrna-vaccines-and-cancer

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/11/04/fact-check-covid-19-vaccines-dont-cause-cancer-hiv/6255129001/

 

Sumber: Liputan6.com

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
KPAI: Sebaiknya Pemprov DKI Jakarta Mempertimbangkan PTM 50 Persen
Artikel Selanjutnya
Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru, Berikut Penjelasan dan Artinya