Sukses

Health

Antisipasi Masuknya Varian Omicron, Ini Upaya Kemenkes

Fimela.com, Jakarta Virus Covid-19 varian Omicron menciptakan kekhawatiran baru bagi dunia sejak pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan, Rabu 24 November 2021. Diketahui varian omicron ini memiliki mutasi lebih banyak dari varian Delta.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, dr Siti Nadia Tarmizi menyebutkan bahwa varian Omicron merupakan kombinasi dari varian-varian Alpha, Beta, Gamma, Delta, AY.23, dan AY.4. Maka tidak heran varian Omicron ini begitu sangat menular.

Meski varian Omicron di Indonesia belum terdeteksi, semua pihak tetap harus waspada dengan menguatkan implementasi penanganan pandemi Covid-19.  Terlebih melihat peningkatan kasus di Jawa-Bali dalam beberapa waktu terakhir.

Untuk itu, Kemenkes merumuskan sejumlah strategi penanganan Covid-19 saat rapat Koordinasi (Rakor), Rabu (1/12/2021) untuk mencegah masuknya varian Omicron ke Indonesia. Adapun upaya-upaya Kemenkes adalah sebagai berikut.

 

1. Siapkan 4 Strategi Besar Penanganan

Kemenkes menyebutkan 4 poin besar dari strategi penanganan pandemi yaitu deteksi, terapeutik, vaksinasi, dan perubahan perilaku. Adapun 3 strategi yang ditetapkan Menkes Budi Gunadi Sadikin adalah sebagai berikut:

-Meningkatkan tes epidemiologi vs tes skrining.

-Meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak dengan melibatkan Bintara Pembina Desa dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat .

-Surveilans genomik di daerah-daerah berpotensi lonjakan kasus.

 

2. Upaya Terapeutik

Dalam upaya terapeutik, strategi yang dapat dilakukan adalah:

-Konversi tempat tidur 30-40 persen dari total kapasitas rumah sakit dan pemenuhan suplai (termasuk oksigen), alat kesehatan, dan sumber daya manusia.

-Mengerahkan tenaga cadangan seperti dokter internsip, koas, dan mahasiswa tingkat akhir.

-Pengetatan syarat masuk rumah sakit, misal saturasi kurang dari 95 persen, sesak napas. Diawasi oleh tenaga aparat atau relawan, agar hanya kasus sedang, berat, dan kritis saja yang ada di rumah sakit.

-Meningkatkan pemanfaatan isolasi terpusat.

 

3. Memastikan Ketersediaan Obat hingga Fasilitas Kesehatan

Nadia mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan obat hingga fasilitas kesehatan untuk menghadapi varian baru Covid-19 Omicron.

"Sudah ada perseiapan dan buffer tambahan, berdasarkan kondisi varian Delta kemarin," kata dia.

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading