Sukses

Health

Ilmuan Jepang Mengembangkan Masker Cahaya untuk Mendeteksi dengan Mudah Virus Covid-19

Fimela.com, Jakarta Dua tahun covid-19 melanda dunia, Peneliti di Universitas Prefektur Kyoto, Jepang, telah mengembangkan masker baru yang bersinar dalam gelap saat terkena virus penyebab COVID-19.

Inovasi ini menggunakan antibodi yang diekstraksi dari telur burung unta dan pewarna fluoresen. Nantinya akan ada sistem deteksi inovatif pada masker tersebut yang membuat penggunanya dengan mudah dan cepat apakah telah tertular virus covid-19.

Dipimpin oleh yasuhiro tsukamoto, tim ilmuwan berharap untuk mendapatkan persetujuan pemerintah dan mungkin mulai menjual masker pada tahun 2022. Diharapkan inovasi ini dapat memungkinkan pengujian virus berbiaya rendah.

Melansir Reuters, masker ini memiliki filter yang dilapisi dengan antibodi burung unta, berdasarkan gagasan bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa unggas memiliki ketahanan yang kuat terhadap penyakit.

 

Mengapa telur burung unta?

Telur burung unta digunakan karena unggas memiliki daya tahan yang kuat terhadap penyakit. 

Antibodi ini diekstraksi dari telur burung unta yang telah disuntik dengan bentuk virus corona yang tidak aktif dan tidak mengancam, saat antibodi ditransfer ke keturunannya melalui kuning telur.

Terbentuk jauh lebih cepat pada burung unta - hanya dalam enam minggu dibandingkan dengan 12 pada ayam - dan hampir 24 kali lebih besar, memungkinkan lebih banyak ruang bagi mereka untuk terbentuk.

Setelah masker dipakai, filter dilepas dan disemprot dengan bahan kimia yang bersinar di bawah sinar ultraviolet jika terdeteksi adanya Covid.

Sebuah penelitian kecil terhadap 32 orang yang terinfeksi virus menunjukkan bahwa filter bersinar di sekitar hidung dan mulut.

Belum ada biaya yang diberikan untuk masker khusus tersebut.

Hasil uji coba

Dalam sebuah penelitian kecil oleh Yasuhiro Tsukamoto dan timnya di Universitas Prefektur Kyoto di Jepang barat, peserta mengenakan masker selama delapan jam sebelum filter dilepas dan disemprot dengan bahan kimia yang bersinar di bawah sinar ultraviolet jika ada Covid.

Para peneliti menemukan, mereka yang telah dipakai dan terinfeksi maskernya akan bersinar di sekita hidang dan mulut.Peneliti juga ungkap jika menggunakan lampu LED dari smartphone juga dapat digunakan untuk mendeteksi virus lada masker tersebut. Para ilmuwan berharap untuk mengembangkan lebih lanjut  masker itu sehingga akan bersinar secara otomatis, tanpa pencahayaan khusus. 

'Ini adalah bentuk pengujian awal yang jauh lebih cepat dan langsung daripada mendapatkan tes PCR,' Tsukamoto, seorang profesor kedokteran hewan dan presiden universitas, mengatakan kepada VICE World News.

Dia menambahkan bahwa itu berpotensi mendeteksi pembawa virus tanpa gejala, yang mungkin tidak dites karena mereka merasa sehat. Tsukamoto dan timnya bereksperimen selama sepuluh hari dengan 32 pasien Covid-19. 

“Antibodi burung unta untuk corona yang ditempatkan pada filter mulut masker menangkap virus corona saat batuk, bersin, dan air,” kata para peneliti.

Selanjutnya, antibodi burung unta berlabel pewarna fluoresen direaksikan dan virus divisualisasikan dengan menyinari dengan cahaya. 'Kami juga berhasil memvisualisasikan antigen virus pada filter pembawa antibodi burung unta saat menggunakan lampu hitam ultraviolet LED dan lampu LED smartphone sebagai sumber cahaya.

Para ahli menambahkan keberadaan virus juga dapat dikonfirmasi dari masker pembawa antibodi burung unta yang digunakan oleh orang yang terinfeksi virus corona baru selama delapan jam.

Dia telah mempelajari burung unta selama dua dekade, mencari cara untuk menyesuaikan daya kekebalan mereka untuk melawan flu burung, alergi, dan penyakit lainnya. Tsukamoto sebelumnya telah membuat masker untuk membantu mendeteksi flu babi.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading