Sukses

Health

Lindungi diri Omicron, Vaksin Booster dan Prokes Diri Sangat Disarankan oleh Ahli

Fimela.com, Jakarta Varian Omicron memiliki kecepatan penularan yang lebih besar dibandingkan varian sebelumnya. Hal inilah yang membuat sejumlah negara kembali menerapkan lockdown. 

Namun, para ahli menyebut jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam upaya pencegahan varian Covid-19 omicron, salah satunya dengan booster, 

Pemberian vaksinasi ketiga atau booster dinilai bisa meningkatkan antibodi dan mencegah paparan varian omicron. Hal ini juga harus disertai dengan penerapan prosedur kesehatan seperti rajin mencuci tangan, penggunaan masker, dan sejumlah cara lainnya. 

Menerapkan prokes ketat dan pemberian vaksin booster

Pada pertemuan WHO dan para ilmuwan pada Rabu lalu, hasil diskusi mengungkapokan jika penelitian menunjukkan sel T pada orang yang divaksinasi bisa memberikan pertahanan yang kuat terhadap varian omicron, sehingga membantu mencegah penyakit parah, rawat inap, hingga kematian. 

Dikutip dari Liputan6.com, Dr. Anthony S. Fauci, penasihat medis utama Presiden AS Biden terkait virus corona pun membahas data awal tentang vaksin Moderna. "Dua suntikan Moderna memang kurang menghasilkan antibodi yang cukup untuk melawan infeksi yang kuat, namun perlindungan meningkat setelah dosis ketiga," katanya.

 

 

Rencana pemberian booster di Indonesia

Di Indonesia sendiri, pemberian vaksin booster sudah berlaku untuk tenaga kesehatan. Namun, untuk masyarakat umum, Program vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster Covid-19 rencananya akan digelar pada 1 Januari 2022 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD dalam kunjungan kerja di Solo, Jumat (10/12/2021). "(Vaksin Covid-19) booster kita tentukan seperti arahan bapak presiden, untuk memulai (vaksin) booster tanggal 1 Januari 2022," ungkap Dante. Menurut dia, pemerintah saat ini tengah menyusun strategi terkait digelarnya vaksinasi dosis ketiga.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading