Sukses

Health

Vaksin COVID-19 Booster tetap Dibutuhkan, walau Positivity Rate Rendah

Fimela.com, Jakarta Vaksin COVID-19 booster sedang menjadi perbincangan hangat, terutama di tengah masyarakat Indonesia. Pasalnya, sudah puluhan orang terdeteksi COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

Kabar baiknya, Indonesia termasuk dalam negara dengan positivity rate yang rendah. Hal ini dikarenakan cakupan vaksinasi di Indonesia termasuk dalam kategori tinggi, belum lagi vaksinasi untuk anak berusia 6 sampai 11 tahun ke atas juga sudah mulai dilakukan.

Walaupun begitu, vaksin COVID-19 booster tetap dirasa penting dan dibutuhkan. Pemerintah sendiri berencana menggelar vaksinasi COVID-19 booster mulai tahun 2022 mendatang.

 

 

Pentingnya vaksin COVID-19 booster, walaupun positivity rate di Indonesia rendah

Selain menjaga ketahanan imun, vaksin COVID-19 booster juga bisa mengantisipasi varian lain yang mungkin masuk ke Indonesia. Dilansir dari Liputan6.com, Ketua Indonesian Technical Advisor Group on Immunization (ITAGI) Prof. Dr. Sri Rezeki Hadinegoro, de., SpA (K) menjelaskan bahwa vaksin tidak menghasilkan antibodi seumur hidup.

"Ada jangkanya, kadaluwarsanya ada. Umumnya, setelah 6 bulan, antibodi menurun dan kalau antibodi menurun, maka daya tahan tubuh juga menurun."

Namun, beliau juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu cemas, karena sebelum vaksinasi COVID-19 booster benar-benar diselenggarakan, vaksinasi 2 tahap yang sebelumnya, sudah bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Hal terpenting adalah menjaga kesehatan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Pentingnya vaksin COVID-19 booster, walaupun positivity rate di Indonesia rendah.

Selain vaksin, menurut vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe menyebutkan bahwa lonjakan COVID-19 pada bulan Juli lalu juga memberi dampak luar biasa pada imunitas tubuh orang Indonesia. Membantu membentuk kekebalan, baik karena vaksin itu sendiri, atau karena pernah terinfeksi sebelumnya.

dr. Dirga juga berpesan jika masyarakat Indonesia bisa menjaga situasi tetap seperti saat ini, dengan vaksinasi COVID-19 dan protokol kesehatan, pandemi COVID-19 diharapkan akan bisa segera berakhir. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading