Sukses

Health

5 Minyak Essensials yang Bisa Menenangkan Gejala Kram Saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Kram di bagian perut bawah saat menstruasi memang kondisi yang umum dialami oleh perempuan. Dilansir dari Alodokter, kondisi tersebut disebabkan adanya kontraksi pada dinding rahim yang menyebabkan rahil memproduksi hormon yang menimbulkan rasa nyeri, yaitu prostaglandin.

Nyeri yang terjadi memang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat menjalani aktivitas sehari-hari. Ada banyak cara untuk meringankan gelaja yang satu ini, salah satunya adalah dengan kompres menggunakan air hangat. Selain itu, beberapa minyal essensial alami berikut ini dapat membantu meringankan sensasi nyeri yang dirasakan, lho. Apa saja sih?

Lavender

Dikenal mampu memberikan efek menenangkan bagi yang menghirup aroma bunga yang satu ini, ternyata minyal essensial lavender dapat memberikan manfaat lebih dalam lagi. Salah satunya adalah menenangkan kram perut yang terjadi karena aroma lavender yang menenangkan dapat mengurangi produksi hormon protaglandin.

Selain itu, saat rahim mengeluarkan darah menstruasi dapat menyebabkan pembengkakan dan inflamasi di sekitar pembuluh darah. Minyak lavender juga dapat membantu merelaksasi otot sehingga mengurangi kontraksi yang terjadi.

Ylang Ylang

Minyak essensial yang berasal dari ekstrak bunga kenanga ini dikenal dengan manfaatnya sebagai mood booster dan menenangkan gejala PMS yang terjadi. Selain itu, aromanya yang menenangkan juga dapat membantu meringankan gejala kram perut saat sedang menstruasi.

Selain bisa meredakan gejala PMS dan kram saat haid, minyak ylang ylang juga dapat membantu menenangkan pikiran yang mengalami serangan panik. Jadi, kamu bisa kembali lebih tenang dan berpikiran jernih lagi.

Chamomile

Bunga yang satu ini memang dikenal dengan banyak manfaat. Jika diolah menjadi teh, dapat memberikan efek menenangkan bagi kamu yang stres atau penat dengan pekerjaan. Saat mengalami nyeri menstruasi, minyak essensial chamomile juga membantu meredakan kondisi tersebut, lho.

Chamomile memang sudah banyak digunakan sejak zaman Mesir dan Romawi kuno. Salah satunya untuk meredakan gejala nyeri yang biasa terjadi saat sedang haid. Teteskan beberapa minyak chamomile dalam sebuah bak air hangat untuk merendam kaki. Selain bisa memberikan efek menenangkan, cara ini juga bisa membantu meringankan gejala kram yang terjadi.

Clove Oil

Minyak essensial yang berasal dari ekstrak cengkih ini juga dikenal dapat membantu meredakan gejala kram saat menstruasi dalam waktu cepat. Cengkih sendiri merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki kandungan anti-inflamasi. Salah satunya adalah eugenol yang berperan untuk meringankan gejala PMS dan membantu membatasi darah haid keluar berlebihan.

Clary Sage

Ini dia salah satu minyak essensial yang dikenal sangat baik untuk meredakan gejala kram yang terjadi saat haid. Menurut National Associaction for Holistic Aromatherapy (NAHA), clary sage memiliki kandungan yang dapat membantu mengurangi terjadinya kontraksi di dinding rahim. Inilah yang membuat clary sage banyak direkomendasikan untuk meredakan gejala menstruasi yang dialami perempuan.

Itu tadi beberapa rekomendasi minyak essensial alami yang bisa membantu meredakan gejala kram perut saat menstruasi. Dengan mengetahui solusi atas masalah kesehatan yang dialami, kamu pun bisa beraktivitas kembali. Namun, perlu diingat bahwa jika kram yang terjadi sangat sakit hingga mengganggu aktivitas seharian, segera konsultasikan pada dokter untuk menemukan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading