Sukses

Health

11 Makanan Penyebab Sinusitis yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Sinusitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada area rongga sinus, yang bisa menyerang anak-anak maupun dewasa, dengan gejala awal seperti flu. Penyakit ini menyebabkan komplikasi dan infeksi pada tulang bagian hidung, mata, darah dan otak.

Rongga sinus ini terdapat pada tulang pipi, bagian bawah dahi, rongga hidung bagian belakang dan bagian tulang antara hidung dan mata. Infeksi sinusitis ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah pola hidup yang kurang sehat, akibat mengonsumsi makanan penyebab sinusitis.

Sinusitis dapat ditandai dengan munculnya rasa sakit di bagian hidung, hidung tersumbat, sering bersin, sesak napas dan kepala pusing. Agar penyakit sinusitis tidak bertambah parah, segera hindari makanan penyebab sinusitis berikut ini:

Makanan Penyebab Sinusitis

1. Yogurt

Yogurt adalah makanan sehat yang harus dihindari penderita sinusitis. Biasanya yogurt disimpan di lemari es, yang membuat yogurt menjadi dingin, sehingga bisa meningkatkan produksi dahak dan menyebabkan hidung tersumbat. Apalagi jika mengonsumsi yogurt pada malam hari.

2. Pisang

Pisang merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi buah pisang tidak boleh dikonsumsi saat malam hari atau sebelum tidur, apalagi saat cuaca sedang dingin. Karena buah pisang bisa menyebabkan sinusitis semakin parah, dan menyebabkan penyumbatan pada rongga hidung hingga menyebabkan sesak napas.

3. Daging Merah

Makanan penyebab sinusitis yang selanjutnya adalah daging merah. Walaupun daging merah memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang bisa memperparah kondisi sinusitis. Sebaiknya hindari mengonsumsi daging merah, agar sinusitis tidak semakin parah.

Makanan Penyebab Sinusitis

4. Makanan Terlalu Manis

Makanan terlalu manis adalah makanan yang memiliki kandungan gula olahan atau gula tambahan. Makanan ini bisa menyebabkan sinusitis menjadi semakin parah. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan terlalu manis, maka peradangan pada sinusitis tidak akan cepat sembuh.

5. Produk Olahan Susu Sapi

Produk olahan susu sapi memiliki kandungan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Walaupun menyehatkan, tetapi produk olahan susu adalah makanan penyebab sinusitis. Produk olahan susu memiliki kandungan lemak jenuh, yang membuat peradangan susah sembuh.

6. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti kentang goreng, roti gulung, kue manis, roti tawar dan semacamnya, memiliki kandungan gluten tinggi, yang bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh dan menjadi penyebab sinusitis kronis.

7. Asam Lemak Trans

Makanan penyebab sinusitis yang terakhir adalah asam lemak trans, atau makanan yang memiliki kandungan tinggi lemak jenuh. Makanan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit dan memicu peradangan sistemik.

Penyebab Sinusitis yang Lainnya

8. Infeksi Virus

Selain makanan, sinusitis juga bisa disebabkan karena infeksi virus infeksi virus yang terdapat di rongga hidung. Virus yang menginfeksi rongga hidung akan berpindah ke rongga sinus, sehingga terjadi peradangan di rongga sinus, dan mengeluarkan cairan mukus lebih banyak daripada biasanya.

9. Rhinitis Alergi

Sinusitis juga bisa disebabkan karena rhinitis alergi. Hal ini disebabkan karena sistem imunitas tubuh, mengeluarkan zat untuk melindungi tubuh dari infeksi yang menyebabkan alergi dan peradangan. Agar rhinitis alergi ini tidak kambuh, sebaiknya hindari hal-hal yang membuatmu alergi, termasuk makanan penyebab sinusitis.

10. Polip Hidung

Polip hidung adalah tumbuhnya daging kecil, yang berada di rongga sinus atau hidung. Adanya polip ini bisa membuat saluran pernapasan menjadi terhambat dan meradang. Kondisi ini dapat dioperasi dan mendapatkan pengobatan khusus, sehingga sinusitis tidak mudah kambuh.

11. Infeksi Gigi

Penyebab sinusitis yang terakhir adalah infeksi gigi. Karena sinus juga terdapat di area gigi, maka infeksi pada gigi bisa menyebabkan penyakit sinusitis, yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang terdapat pada gigi, menyebar ke rongga sinus dan saluran pernapasan lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading