Sukses

Health

9 Penyebab Kepala Berat dan Pusing yang Mengganggu Aktivitas

Fimela.com, Jakarta Kepala berat dan pusing bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya kondisi ini bisa dialami siapa saja dan sering terjadi. Tetapi kalau kepala berat dan pusing tidak lekas sembuh, maka bisa menyebabkan tubuh lemah dan kehilangan kesadaran.

Kondisi kepala berat dan pusing harus segera disadari dan dikonsultasikan kepada dokter, jika terjadi secara terus menerus. Karena kondisi ini bisa dijadikan sebagai pertanda komplikasi penyakit yang serius seperti stroke dan tekanan darah tinggi. Bahkan bisa menjadi tanda-tanda adanya gangguan pada otak.

Tak hanya karena penyakit saja. Salah satu penyebab kepala berat dan pusing adalah karena sedang banyak pikiran atau stres. Untuk mencegah kondisi ini, yuk waspadai penyebab kepala berat dan pusing berikut ini:

Penyebab Kepala Berat dan Pusing

1. Tubuh Dehidrasi

Penyebab kepala berat dan pusing yang pertama adalah karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat tubuh mengalami dehidrasi, oksigen tidak akan sampai ke otak. Sehingga otak akan menyusut dan mengecil dengan tengkorak. Usahakan untuk mengonsumsi air putih secara rutin, untuk mengatasi dehidrasi minimal 2 liter sehari.

2. Sering Begadang

Kebiasaan buruk sering begadang bisa menyebabkan kepala berat dan pusing. Begadang bisa menyebabkan mata terlalu lelah dan penyusutan otak. Bahkan seseorang yang terus menerus begadang akan kehilangan konsentrasi, susah mengingat dan penglihatan jadi kurang jelas.

3. Terlalu Lelah

Setelah melakukan aktivitas berhari-hari, tubuh akan merasa lelah dan butuh istirahat. Tetapi tubuh yang lelah juga bisa disebabkan karena memiliki riwayat penyakit tertentu. Untuk menghindari kepala berat dan pusing, sebaiknya kurangi aktivitas yang sangat melelahkan dan sempatkan waktu untuk istirahat sejenak.

Penyebab Kepala Berat dan Pusing

4. Darah Rendah

Seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah rendah, bisa mengalami kepala berat dan pusing yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini membuat suplay darah berkurang, sehingga tidak cukup membawa oksigen ke otak. Bahkan bisa membuat seseorang jadi pingsan setelah mengalami pusing.

5. Gangguan Telinga

Kalau kamu memiliki gangguan pada telinga, maka kondisi ini bisa menyebabkan kepala berat dan pusing. Hal ini disebabkan karena telinga memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Jika terjadi gangguan telinga, seseorang bisa mengalami vertigo dan pusing yang tidak berkesudahan.

6. Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang biasanya menyerang bagian sebelah kepala saja. Migrain bisa menyebabkan stroke iskemik, yaitu pembekuan darah yang menyebabkan peredaran darah ke otak menjadi tidak lancar. Sehingga migrain bisa menjadi penyebab kepala berat dan pusing.

Penyebab Kepala Berat dan Pusing

7. Berdiri Terlalu Cepat

Pernahkah kamu mengalami kepala berat dan pusing saat berdiri terlalu cepat? Kondisi ini bisa disebut dengan hipotensi ortostatik, yang menyebabkan tekanan darah menurun secara drastis. Pusing akan dirasakan saat seseorang berdiri terlalu cepat, karena perdaran darah belum lancar di area kepala.

8. Sering Mengonsumsi Alkohol

Alkohol adalah minuman yang bisa menyebabkan kepala berat dan pusing. Bahkan alkohol bisa menghilangkan kesadaran dan merusak sistem saraf pada otak. Kandungan yang terdapat dalam alkohol, bisa membuat kadar gula darah menurun secara drastis. Bahkan alkohol bisa menyebabkan tubuh seseorang gemetaran.

9. Efek Samping Mengonsumsi Obat-Obatan

Penyebab kepala berat dan pusing yang terakhir, yaitu karena efek samping terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan, seperti obat anti kejang, antidepresan, penenang, obat bius, dan obat penurun tekanan darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading