Sukses

Health

Alasan Minum Kopi di Pagi Hari Sebelum Sarapan Sangat Berbahaya

Fimela.com, Jakarta Kopi menjadi salah satu minuman yang paling diminati. Secangkir kopi panas dipercaya bisa membangkitkan semangat dan gairah hidup. Aroma kopi yang wangi juga bisa membuat pikiran lebih tenang, nyaman serta bahagia. Meski minum kopi begitu terasa menyenangkan, pastikan untuk tidak membiasakan diri minum kopi di pagi hari sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. 

Melansir dari laman independent.co.uk, minum kopi sebelum sarapan bisa sangat berisiko bagi kesehatan. Ada berbagai masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan minum kopi pagi hari sebelum sarapan. Masalah kesehatan tersebut mulai dari risiko naiknya asam lambung, naiknya hormon kortisol dalam tubuh dan meningkatkan risiko depresi. 

Bahaya Minum Kopi Sebelum Sarapan

Secara umum, konsumsi kopi secara berlebihan akan meningkatkan risiko stres, kegelisahan hingga depresi. Tak hanya berlebihan konsumsi kopi yang menyebabkan berbagai risiko ini terjadi. Kebiasaan konsumsi kopi di pagi hari juga sangat meningkatkan risiko depresi. Tak hanya itu saja, penelitian menyebutkan jika minum kopi di pagi hari bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung. 

Saat asam lambung naik, ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan lain seperti jantung berdebar, nyeri hebat di ulu hati hingga punggung, mual, pusing bahkan risiko penyakit jantung dan liver. Minum kopi saat pagi juga akan meningkatkan denyut nadi dan tekanan darah. Mengingat ada begitu banyak risiko yang ditimbulkan dari kebiasaan minum kopi di pagi hari, sebaiknya hindari kebiasaan ini ke depannya. 

Cara Aman Minum Kopi di Pagi Hari

Jika kamu merupakan salah satu pencandu kopi dan tak bisa semangat sebelum minum kopi di pagi, agar tetap aman mengonsumsi kopi di pagi hari pastikan untuk menyantap sarapan terlebih dulu. Sarapan ini bisa berupa nasi, roti atau makanan lain yang bisa membuat perut kenyang dan sistem pencernaan bekerja dengan baik. 

Sebaiknya konsumsi kopi dalam jumlah yang secukupnya yakni tak lebih dari satu cangkir setiap paginya. Tambahkan susu, satu sendok mentega atau gula jika ingin kandungan kafein dalam kopi tidak terlalu berpengaruh pada kesehatanmu. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading