Sukses

Health

11 Makanan Penyebab Gangguan Pernapasan yang Bisa Memperburuk Kondisi

Fimela.com, Jakarta Ada banyak makanan yang dapat dikonsumsi setiap hari. Pada dasarnya makanan memiliki fungsi untuk menambah energi dan gizi untuk beraktivitas sehari-hari. Tetapi ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari, kalau Sahabat Fimela memiliki riwayat penyakit gangguan pernapasan.

Sesak napas atau gangguan pernapasan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Kondisi ini sering kali disebabkan karena pengaruh alergi makanan. Untuk itu sebaiknya perhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Agar makanan penyebab gangguan tidak memperburuk kondisi kesehatan.

Tak hanya menghindari makanan penyebab gangguan pernapasan. Sahabat Fimela juga perlu berwaspada terhadap penyebab gangguan pernapasan lainnya seperti infeksi virus yang menimbulkan komplikasi penyakit. Untuk itu, berikut makanan penyebab gangguan pernapasan dan faktor penyebab lainnya:

Makanan Penyebab Gangguan Pernapasan

1. Camilan atau Keripik

Camilan atau keripik adalah jenis makanan yang sering dikonsumsi. Karena camilan atau keripik merupakan makanan ringan, yang cocok dikonsumsi saat bekerja atau menikmati waktu luang. Tetapi camilan atau keripik bisa menyebabkan sesak napas. Karena camilan atau keripik memiliki kandungan garam yang tinggi, yang membahayakan paru-paru dan jantung.

2. Es Krim

Di saat cuaca sedang panas, es krim adalah salah satu makanan yang sangat nikmat untuk dinikmati. Tetapi es krim termasuk ke dalam jenis makanan penyebab gangguan pernapasan. Bahkan es krim merupakan makanan yang bisa menyebabkan kedinginan dan sakit flu. Sebaiknya hindari makanan es krim saat cuaca sedang sangat panas maupun pada cuaca dingin.

3. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti roti, adalah makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Karbohidrat olahan dapat meningkatkan energi dan sangat mudah untuk dimakan untuk sarapan. Karbohidrat olahan mengandung tepung dan gula halus yang dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Sehingga karbohidrat olahan bisa menyebabkan penyakit paru-paru.

4. Udang

Ada beberapa orang yang alergi terhadap makanan laut, seperti udang. Jika alergi ini kambuh, maka akan ditandai dengan sesak napas. Bahkan udang bisa menyebabkan pembengkakan pada tenggorokan dan muncul masalah gatal di kulit.

Makanan Penyebab Gangguan Pernapasan

5. Kubis

Kubis termasuk jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C. Sebenarnya kubis memiliki manfaat untuk mencegah radikal bebas, mengurangi peradangan, dan mencegah kanker. Tetapi sayur kubis bisa meningkatkan gas di dalam perut dan meningkatkan asam lambung, yang berisiko menyebabkan penyakit GERD. Saat penyakit ini kambuh, dapat ditandai dengan sesak napas dan tenggorokan terasa asam.

6. Permen Karet

Ada permen karet yang memiliki fungsi untuk menyegarkan napas. Namun permen karet mengandung gula tambahan yang tidak baik untuk tubuh. Bahkan permen karet dapat meningkatkan gas di dalam tubuh yang menyebabkan sistem pernapasan terganggu. Sehingga permen karet bisa menjadi penyebab gangguan pernapasan.

7. Kacang dan Biji-Bijian

Makanan penyebab gangguan pernapasan yang terakhir adalah kacang dan biji-bijian. Makanan ini dapat memicu alergi, bagi orang yang alergi terhadap kacang dan biji-bijian. Walaupun kacang dan biji-bijian dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi gula darah.

Penyebab Gangguan Pernapasan yang Lainnya

8. Asma

Selain disebabkan oleh makanan, sesak napas juga bisa dialami seseorang karena memiliki penyakit asma. Penyakit asma ini menyebabkan penderitanya kesulitan untuk bernapas, merasakan nyeri dada, batuk kering, dan napas berbunyi. Penyakit ini adalah penyakit dalam jangka waktu panjang dan bisa disebabkan karena keturunan.

9. Infeksi Saluran Pernapasan

Saat mengalami infeksi dibagian saluran pernapasan, maka orang yang mengalaminya akan kesusahan untuk bernapas. Penyakit ini juga biasnya disertai dengan batuk, pilek, nyeri di bagian dada dan terasa pusing. Infeksi saluran pernapasan bisa dialami orang yang sering merokok, sering terpapar asap, HIV/AIDS, bronkitis, dan sistem imunitas yang lemah. Sehingga infeksi saluran pernapasan bisa menyebabkan gangguan pernapasan.

10. Anemia

Seseorang yang memiliki anemia atau kekurangan darah kronis, bisa mengalami sesak napas yang disebabkan karena jantung memompa darah dengan lebih berat daripada biasanya. Kondisi ini bisa disertai dengan kondisi tubuh yang lemah, terasa sangat letih untuk beraktivitas, dan dalam beberapa kondisi berat bisa membuat seseorang pingsan.

11. Kondisi Psikis

Tak hanya penyakit yang menyerang fisik saja. Kondisi psikis atau psikologis seseorang juga bisa menyebabkan sesak napas, apalagi bagi orang yang mengalami panic attack atau serangan panik. Pernapasan seseorang saat mengalami serangan panik akan berubah menjadi cepat dan pendek, serta karbon dioksida di dalam tubuh akan menyebar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading