Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Health

Apakah Berbahaya Berhubungan Intim Saat Hamil Muda? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, hubungan intim menjadi kebutuhan pokok. Karena pada dasarnya, hubungan intim yang berkualitas akan menjadikan pernikahan semakin bahagia. Hubungan intim yang mengesankan juga akan menjadikan kedua pasangan semakin cinta, sayang serta tulus satu sama lainnya. 

Melalui hubungan intim, pasangan juga akan mendapatkan keturunan. Namun, mengenai hubungan intim ini apakah boleh perempuan yang sedang hamil muda melakukan hubungan intim? 

Melansir dari laman webMD.com, tidak masalah bagi seseorang yang tengah hamil untuk melakukan hubungan intim bersama pasangannya. Hanya saja, ada beberapa hal yang penting diingat saat berhubungan apalagi jika orang tersebut rentan berisiko saat berhubungan intim.

Risiko Keguguran Saat Hamil Muda

Berhubungan intim saat hamil muda bisa saja berisiko menyebabkan keguguran. Apalagi jika usia kehamilan masih sangat muda dan proses pembuahan belum benar–benar sempurna. Hal inilah yang membuat pasangan suami istri harus sangat hati-hati saat melakukan hubungan intim.  

Selain hubungan intim, risiko keguguran saat hamil muda bisa saja terjadi karena kelainan kromosom, lemahnya rahim Mom, pola hidup yang tak sehat, stres, kelelahan akut hingga perkembangan janin yang tidak sempurna. Keguguran tidak serta merta terjadi karena hubungan intim. Tapi, biasanya saat pemeriksaan di awal kehamilan dokter akan memberi nasehat terkait boleh tidaknya hubungan intim selama kehamilan. 

Tidak Masalah Berhubungan Intim Selama Hamil Muda

Berhubungan intim selama hamil muda tidak akan menjadi masalah selama Mom tidak memiliki kehamilan yang berisiko. Saat melakukan hubungan intim, sebaiknya hubungan intim dilakukan lebih hati-hati dan pelan-pelan. 

Karena perubahan hormon selama kehamilan, beberapa perempuan mengeluhkan miss V kering sehingga hubungan intim akan terasa lebih menyakitkan. Hal ini adalah kondisi yang wajar. Beberapa perempuan juga akan merasa malas melakukan hubungan intim atau sebaliknya semakin tinggi hasrat seksualnya. Agar semakin yakin untuk melakukan hubungan intim di trimester pertama kehamilan, jangan sungkan untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading