Sukses

Health

Penjelasan Ahli Tentang Risiko Subvarian Omicron BA.2 Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Sejauh ini kasus covid-19 masih terus ada. Kini bahkan muncul varian covid baru yakni varian Omicron yang cukup meresahkan dan membuat semua orang di Indonesia bahkan dunia merasa khawatir. Meski varian baru yang ada saat ini dikatakan tidak seganas varian sebelumnya yakni varian Delta, kita tetap harus menjaga protokol kesehatan dan memakai masker dengan tertib. 

Melansir dari laman LIputan6.com, ada kabar baik tentang omicron. Para ahli menyebutkan jika covid-19 omicron subvarian BA.1 tidak seganas varian sebelumnya. Masyarakat yang telah terinfeksi subvarian BA.1 ini dikatakan juga sangat kecil kemungkinan untuk terinfeksi subvarian terbaru yakni subvarian BA.2.

Risiko Omicron BA.2 Bagi Kesehatan Kedepannya

Tak hanya itu saja kabar baiknya, para ahli juga mengatakan jika kecil kemungkinan ada gelombang besar penularan BA.2 karena BA.1 sebelumnya telah memberikan perlindungan kuat pada seseorang yang telah terinfeksi. 

Mengutip dari laman Livemint, Troles Lillebaek, seorang ahli epidemiologi molekuler di Kopenhagen beserta timnya juga telah memeriksa apakah infeksi omicron bisa menyebabkan penyakit serius atau tidak kedepannya. Hasil pemeriksaan di Denmark menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda risiko penyakit serius yang ditimbulkan dari omicron khususnya subvarian BA.2.

Dari pemeriksaannya Troles beserta timnya juga menemukan jika masyarakat Denmark khususnya yang telah terinfeksi BA.1 sebelumnya mengalami peningkatan kekebalan tubuh. Peningkatan kekebalan tubuh inilah yang kemudian membuat mereka rendah berisiko terinfeksi subvarian BA.2. Troles mengatakan, “Ada peningkatan kekebalan yang bisa mencegah bencana buruk.” 

Vaksin Memberikan Perlindungan Lebih

Penelitian yang diterbitkan di server pracetak medRxiv menemukan jika vaksin memberikan perlindungan yang cukup kebal terhadap seseorang. Vaksin lengkap dipercaya memberikan perlindungan lebih.

Meski omicron dikatakan tidak seganas varian covid sebelumnya, kita tetap harus hati-hati dan jaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Tetap patuhi protokol kesehatan yang ada. Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan jangan lupa untuk selalu bahagia agar memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik ke depannya. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading