Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Suara Serak yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Makanan penyebab suara serak sering kali kita konsumsi tanpa disadari. Ada berbagai macam makanan yang memiliki rasa enak, tetapi tidak baik untuk tenggorokan. Bahkan tekstur dari makanan tersebut bisa melukai tenggorokan.

Saat mengalami gangguan pada tenggorokan, maka suara akan berubah berat dan serak. Makanan penyebab suara serak juga bisa menyebabkan batuk kering. Suara serak bisa membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri, dan lingkungan terasa tidak nyaman.

Sahabat Fimela dapat mengatasi suara serak ini, dengan menghindari makanan penyebab suara serak. Selain itu, mengonsumsi minuman hangat seperti jahe, bisa membantu meredakan radang tenggorokan dan menghilangkan suara serak. Berikut makanan penyebab suara serak yang harus dihindari, dilansir dari Merdeka.com:

Makanan Penyebab Suara Serak

1. Gorengan

Makanan penyebab suara serak yang pertama adalah gorengan. Gorengan adalah makanan yang sering dikonsumsi. Tetapi gorengan mengandung minyak jenuh dan terbuat dari tepung, yang bisa membuat tenggorokan iritasi. Sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan, karena gorengan juga bisa menyebabkan kolesterol.

2. Makanan Manis

Mengkonsumsi makanan yang terlalu manis bisa menyebabkan suara serak. Jika mengalami peradangan tenggorokan, zat pemanis buatan yang terdapat pada makanan manis, bisa membuat peradangan semakin parah dan susah sembuh. Sehingga makanan ini bisa mengubah suara menjadi serak atau parau.

3. Makanan Pedas

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi makanan pedas bisa menambah nafsu makan dan membuat makanan terasa lebih nikmat. Tetapi terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, bisa menyebabkan tenggorokan terbakar dan suara serak. Bahkan makanan pedas juga bisa membuat sistem pencernaan terganggu.

4. Makanan Asin

Jika Sahabat Fimela suka mengkonsumsi makanan asin, sebaiknya konsumsi sewajarnya dan gunakan sedikit garam. Terlalu sering mengkonsumsi makanan asin, bisa membuat dehidrasi yang menyebabkan tenggorokan kering dan parau. Makanan terlalu asin juga bisa menyebabkan hipertensi.

Makanan Penyebab Suara Serak

5. Camilan

Walaupun camilan memiliki rasa yang nikmat dan bisa dikonsumsi kapan saja, tetapi camilan bisa menyebabkan suara serak dan tenggorokan kering. Camilan seperti popcorn, keripik kentang, kerupuk dan semacamnya, akan meninggalkan serpihan di tenggorokan. Serpihan itu bisa melukai tenggorokan, kemudian menyebabkan peradangan tenggorokan dan membuat suara serak.

6. Es Krim

Saat cuaca panas, sebaiknya hindari mengonsumsi es krim atau makanan dan minuman dingin lainnya. Karena es krim memiliki suhu yang sangat dingin, sehingga membuat tenggorokan menjadi cepat kering dan suara berubah serak. Terlalu banyak mengonsumsi es krim juga bisa menyebabkan peradangan amandel yang berbahaya untuk tubuh.

7. Alkohol dan Soda

Selain makanan, ada juga minuman yang bisa menyebabkan suara serak, seperti alkohol dan soda. Karena minuman ini mengandung banyak gula tambahan. Alkohol dan soda dapat memicu asam lambung naik ke tenggorokan, sehingga membuat suara serak. Minuman ini juga harus dihindari karena bisa merusak saraf otak hingga menyebabkan kanker.

Penyebab Suara Serak yang Lainnya

1. Infeksi Virus

Penyebab suara serak tidak hanya makanan atau minuman saja. Infkesi virus juga bisa menyebabkan suara serak atau parau. Infeksi virus seperti flu, bisa menyebabkan pita suara membengkak dan radang tenggorokan. Sehingga tenggorokan menjadi kering dan suara serak. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air hangat dan obat flu.

2. Reaksi Alergi

Reaksi terhadap alergi ada bermacam-macam. Salah satunya menyebabkan suara menjadi serak. Reaksi alergi ini bisa mengakibatkan pembengkakan pada tenggorokan dan pita suara. Sebaiknya hindari penyebab alergi, agar tidak mengalami sakit tenggorokan.

3. Asam Lambung

Tak hanya menyebabkan sakit dibagian sistem pencernaan. Penyakit asam lambung atau GERD juga bisa menyebabkan suara serak. Ketika asam lambung kambung, asam akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan tenggorokan kering. Sehingga mengakibatkan suara serak hingga muncul rasa mual.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading