Sukses

Health

Tips Pertolongan Pertama Sakit Kepala pada Anak

Fimela.com, Jakarta Sakit kepala adalah penyakit yang paling sering dialami oleh banyak orang. Umumnya, penderita menganggap rasa sakit atau berdenyut pada kepala disebabkan oleh pemicu yang sama. Tak heran ketika sakit kepala menyerang anak, sebagian orangtua langsung memberikan anak obat pereda nyeri.

 

Dikutip dari mayoclinic.org, padahal sebelum memberikan obat, penting untuk kita ketahui dulu apa penyebab dari munculnya sakit kepala. Sering kali kita sebagai orangtua lupa mencari tau penyebab dari rasa sakit kepala yang dialami oleh anak.

Padahal, penting untuk orangtua mengetahui apa penyebab dari rasa sakit kepala yang dialami anak. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan orangtua untuk meringankan rasa sakit kepala yang dirasakan anak, seperti berikut;

1. Istirahat dirumah

Biasanya sakit kepala anak bisa diobati hanya dengan beristirahat di rumah. Rasa sakit kepala dapat muncul karena tubuh kelelahan. Isitrahat juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat rasa sakit kepala perlahan memudar bahkan hilang. Buat suasana kamar menjadi redup agar mata dapat berisitrahat dengan total.

2. Memberi anak minum

Sakit kepala dapat munch karena adanya dehidrasi tubuh akibat kekurangan cairan. Berilah anak air mineral atau mungkin susu agar rasa sakit kepala dan dehidrasi bisa berkurang. Apabila anak merasa mual, mintalah anak untuk memuntahkannya lalu berikan anak minum untuk mengisi kembali cairan di dalam tubuhnya.

3. Kompres

Kita bisa mengompres anak dengan air dingin ataupun hangat. Tempelkan kompres tersebut di dahi, tengkuk atau leher anak. Kompres selama kurang lebih 20 menit, lalu lihat apakah anak memberikan reaksi membaik setelah dikompres. Bila rasa sakit kepala tidak memudar, bawa anak anda ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

4. Baringkan anak di bantal dengan posisi cukup tinggi

Pemberian obat terlalu sering dapat membuat sakit kepala datang lebih sering dan kambuh dengan intensitas nyeri yang lebih parah. Apabila sakit kepala muncul, sebagai orangtua kita dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh anak dengan membaringkannya di bantal yang lebih tinggi. Dengan posisi ini, sakit kepala dapat reda sedikit demi sedikit. 

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman for woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading