Sukses

Health

Bir Pletok: Teman Sempurna saat Musim Hujan

Fimela.com, Jakarta Bir pletok adalah salah satu minuman khas Betawi. Walaupun memiliki nama bir, nyatanya bir pletok terbuat dari berbagai rempah-rempah. Pada awal pembuatannya pun, bir pletok dibuat untuk menghangatkan tubuh. Oleh karena itu, dalam satu cangkir bir pletok akan ditemukan kombinasi rempah-rempah seperti kayu secang, jahe, serai, kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan lain-lain. 

Bir pletok sendiri biasa disajikan panas maupun dingin. Tetapi, saat musim hujan seperti sekarang, sensasi pedas, manis, dan hangat dari bir pletok dapat menjadi teman terbaik. Selain cocok diminum saat musim hujan, kombinasi berbagai rempah di satu cangkir bir pletok juga mampu membawa berbagai manfaat bagi tubuh.

Manfaat Dari Secangkir Bir Pletok

Selain mampu membuat tubuh lebih hangat, bir pletok juga mampu membawa segudang manfaat karena berisi kombinasi dari berbagai rempah-rempah. Dalam secangkir bir pletok, kita dapat merasakan manfaat dari kayu secang, jahe, serai, kayu manis, dan berbagai rempah-rempah lainnya. Jahe, yang digadang-gadang memiliki berbagai kandungan aktif, dipercaya mampu mengurangi rasa mual. Ritme otot perut menjadi berantakan saat kita merasa mual dan jahe dianggap mampu mengatasi kondisi tersebut. 

Selain jahe, kayu manis yang berperan memberi aroma dan rasa yang khas pada bir pletok juga dianggap mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kayu manis juga mampu mengurangi nyeri saat menstruasi dan berbagai nyeri karena kayu manis bersifat antiradang. Oleh karena itu, selain menjadi teman saat musim hujan, bir pletok juga mampu menjadi teman saat kita merasa kurang sehat. 

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading