Sukses

Health

5 Minuman Enak untuk Meredakan Batuk Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Batuk dan pilek menjadi salah satu masalah kesehatan yang membuat kita merasa cukup khawatir. Apalagi jika sakit batuk dialami di masa pandemi seperti sekarang ini. Batuk sedikit saja sering kali membuat kita berpikir macam-macam, jangan-jangan ini penyakit covid atau sejenisnya. 

Jika kamu mengalami batuk, usahakan untuk mengobatinya dengan beberapa minuman enak berikut ini. Melansir dari laman preventive.com, ada beberapa minuman enak yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk secara alami. Apa saja? 

Madu

Minuman enak pertama yang bisa meredakan batuk adalah air madu. Siapkan satu gelas air hangat kemudian tambahkan 2 sampai 3 sendok makan madu, aduk rata kemudian nikmati selagi hangat. Tak hanya meredakan batuk, air madu juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Jahe

Minuman kedua adalah air jahe. Kandungan nutrisi pada jahe bisa mengatasi masalah batuk. Ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Cara membuat air jahe sangat mudah, cuci bersih satu rimpang jahe kemudian geprek kasar. Rebus bersama satu liter air dan tambahkan gula jawa atau madu untuk memberikan rasa manis. Air jahe bisa diminum saat panas, hangat atau pun setelah dingin. 

Beras Kencur

Minuman selanjutnya yang bermanfaat meredakan batuk adalah beras kencur. Cara membuat minuman ini cukup mudah yakni cuci satu sendok makan beras, 2 rimpang rempah kencur dan 1 ruas jari kunyit. Haluskan semua bahan dengan blender kemudian tambahkan gula dan perasan air lemon, rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih. Tunggu beberapa saat hingga pati rempah mengendap, santap selagi masih hangat.

Teh Mint

Minuman enak berikutnya yang bermanfaat meredakan batuk adalah teh mint. Teh mint bisa meredakan rasa gatal di tenggorokan, mengatasi hidung tersumbat dan memecah lendir. Minum teh mint saat pagi dan sore hari untuk meredakan batuk.

Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis juga bermanfaat meredakan batuk. Tak hanya meredakan batuk, air jeruk nipis yang kaya nutrisi juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Itulah beberapa minuman enak yang bermanfaat meredakan batuk. Semoga informasi ini bermanfaat dan redakan batuk dengan bahan alami di rumah.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading