Sukses

Health

Apa Penyebab Adanya Karang Gigi yang Bikin Nggak Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Tentu kita akan merawat tubuh dengan baik terutama pada bagian bagian yang sering dilihat orang atau bagian luar, seperti wajah, rambut, tangan, dan kaki. Akan tetapi beberapa diantaranya sering kita lupakan, sehingga tidak terawat dengan baik dan benar.

Terkadang kita akan memastikan tubuh terawat dengan benar dengan cukup berolahraga, rangkaian produk skin care, makanan yang sehat, dan menghindari stress. Tetapi pernahkah kamu memperhatikan kebersihan gigi? Padahal masalah gigi paling sering terjadi oleh beberapa orang.

Masalah gigi yang sering terjadi yaitu munculnya karang gigi, gigi kuning, dan gigi bolong. Tak hanya bagian Kiki terkadang kita juga akan mengalami rasa sakit pada bagian gusi, hal ini sering terjadi karena adanya karang gigi atau di dalam mulut. Karang gigi terjadi karena kita sering mengabaikan kebersihan mulut, berikut beberapa penyebab adanya karang gigi:

Penyebab Karang Gigi Muncul

Bahkan ketika kita merawat gigi dengan baik tentu masih ada bakteri di mulut yang bercampur dengan makanan manis atau tepung. Hal ini tentu akan berakibat adanya lapisan lengket yang disebut gigi atau karang gigi yang terbentuk melapisi gigi, gusu dan restorasi gigi. Karang gigi akan menampung bakteri pembentuk asam yang dapat merusak email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Karang gigi saat kasar dan keropos, dan hanya dapat dihilangkan dengan alat khusus yang dapat menyebabkan resesi gusi dan penyakit gusi jika tidak segera ditangani. Kamu munkin akan berisiko terkena karang gigi, sebagai berikut:

  • Makan makanan tinggi gula, seperti permen atau kue.
  • Makan makanan tinggi karbohidrat seperti roti, pasta, dan keripik kentang.
  • Memiliki mulut kering karena tidak minum yang cukup atau minum obat tertentu.
  • Merokok atau mengunyah tembakau.

Ternyata tidak ada cara sepenuhnya untuk menghindari akan tetapi kamu dapat mencegah menumpuk dengan membersikan secara teratur.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

  • Menyikat gigi : sikat gigi dengan pasta gigi yang berflouride adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan, tak hanya itu kamu juga perlu menyikati dua kali sehari atau selama 2 menit karena akan memberi waktu untuk membersihkan semua permukaan gigi.
  • Flossing : Hanya 40% karang gigi yang dapat dihilangkan dengan mengikat, tetapi ada plak di antara gigi yang dapat dihilangkan dengan clossing. Ada baiknya ketika kamu flossing dilakukan setelah makan.
  • Obat Kumur : Gunakan obat kumur secara teratur setelah makan, lebih baik jika obat kumur mengandung flouride. Jika kamu masih beberapa karang gigi di bagian mulut ada baiknya untuk ke dokter gigi.
  • Makanan Sehat : karena makanan yang kaya gula dan pati lebih cepat berkembang biak sebagai bakteri di mulut, ada baiknya jika kamu menghindari makanan tersebut. Makanlah makanan yang lebih sehat seperti buah buahan dan sayuran mentah yang tidak hanya memberi tubuh sebagai nutrisi tetapi juga dapat membantu dalam tindakan pembersih karena mereka memiliki banyak serat.
  • Pemeriksaan Gigi Secara Teratur : Kebanyakan orang dari untuk pergi ke dokter, ada bakarnya kamu secara rutin setiap enam bulan sekali hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada masalah pada bagian gigi.

Karang gigi terkadang buat kita tidak percaya diri, akan tetapi kita perlu membersihkan gigi dan memperhatikan kesehatan gigi. Terkadang beberapa masalah pada gigi akan berdampak pada bagian gusi, kamu mengalami gejala lain ada baiknya untuk periksa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading