Sukses

Health

Fimela Ask the Expert: Bagaimana Persiapan dan Proses Menjalani Egg Freezing?

Fimela.com, Jakarta Teknologi di bidang kesehatan reproduksi terus berkembang seiring kebutuhan dan perubahan zaman. Salah satunya teknologi egg freezing yang mengakomodir kebutuhan para perempuan untuk mengamankan sel telurnya.

Apa itu egg freezing? Egg freezing adalah upaya yang dilakukan oleh perempuan untuk mempertahankan fungsi reproduksinya dengan mengambil sel telur di usia reproduksi. Kemudian dibekukan, dan digunakan saat perempuan tersebut menikah dan siap hamil.

Untuk membahas seputar teknologi egg freezing atau simpan beku sel telur, yuk, kita simak penjelasan Fimela Ask the Expert with dr. Merry Amelya, Sp.OG dari RSU Bunda Jakarta yang menjawab pertanyaan terpilih dari Sahabat Fimela;

Persiapan dan Proses Egg Freezing

Q: Usia yang disarankan untuk menjalani proses egg freezing?

A: Usia reproduksi yaitu 20-35 tahun yang seandainya diambil sel telur sedang dalam kondisi bagus-bagusnya.

 

Q: Persiapan sebelum melakukan egg freezing?

A: Usianya, semakin bagus usia, semakin bagus keberhasilan. Seperti program hamil, disarankan 2-3 bulan sebelumnya menjalani gaya hidup sehat agar sel telur yang keluar baik dan tingkat kehamilan tinggi.

 

Proses dan Prosedur Egg Freezing

Q: Kapan harus datang ke dokter untuk melakukan egg freezing?

A: Disarankan melakukan sesi konsultasi satu sampai dua bulan sebelumnya agar dokter bisa melihat dan menilai. Karena jenis obat-obatan yang diberikan untuk membesarkan sel telur berbeda-beda untuk tiap orang.

 

Q: Bagaimana proses dan prosedur egg freezing?

A: Datang kembali ke dokter saat menstruasi hari ke-2 untuk disuntik hormon untuk distimulasi atau pembesaran sel telur. Tujuannya karena enggak hanya ambil satu sel telur saja, tapi ada beberapa untuk disimpan.

Nanti kembali lagi untuk diambil sel telurnya di hari 12-14 setelahnya. Prosedurnya, pasien akan dibius dan proses pengambilan sel telur sekitar 15-20 menit. Dilanjutkan dengan observasi dan jika dalam waktu satu setengah jam semua baik, sudah bisa pulang ke rumah.

Penasaran ingin tahu lebih banyak tentang metode egg freezing? Simak selengkapnya lewat video di bawah ini;

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading