Sukses

Health

3 Penyebab Kucing Flu dan Demam Akibat Virus, Begini Cara Mengobatinya

Fimela.com, Jakarta Kucing merupakan hewan peliharaan favorit banyak orang. Rupanya yang lucu dan tingkahnya yang menggemaskan menjadi daya tarik tersendiri bagi kucing. 

Sebagai hewan peliharaan, tentunya kucing perlu mendapatkan perawatan dari pemiliknya. Jika tidak, kucing bisa mudah jatuh sakit, seperti terlihat lemas, tidak mau makan, sampai terkena flu. 

Jika sudah sakit, maka kamu perlu mengetahui penyebab maupun cara menyembuhkannya. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa menangani flu pada kucing dengan pengobatan yang tepat. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab kucing flu dan demam akibat virus beserta cara mengobatinya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Penyebab Kucing Flu

Seperti halnya manusia, kucing juga bisa terkena flu dengan gejalanya seperti pilek, bersin, batuk, hingga demam. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kucing mengalami sakit flu, diantaranya: 

1. Infeksi Virus

Kucing yang mengalami flu umumnya karena terserang dua jenis virus, yakni Feline Herpes Virus dan Calici Virus. Kedua virus dapat menginfeksi saluran pernapasan kucing melalui udara, percikan air liur atau droplet ketika batuk dan bersin.

Maka dari itu, jika kamu memiliki kucing lebih dari satu, sebaiknya kamu memisahkannya dari kucing yang sakit agar penyakitnya tidak menular ke kucing lainnya. 

2. Infeksi Bakteri

Selain virus, infeksi jamur juga dapat menyebabkan kucing terserang penyakit flu. Penyebarannya bisa terjadi ketika kucing sering bermain di lumpur atau berguling di tanah. Saat menggulingkan tubuhnya, bakteri akan masuk ke dalam tubuh kucing, lalu dalam beberapa waktu kedepan, kucing akan demam. 

3. Infeksi Jamur

Penyakit jamur atau infeksi jamur pada kucing harus segera diobati jika tidak akan menimbulkan rasa gatal berlebihan dan jika digaruk akan menimbulkan luka pada kucing. Ternyata kucing dapat terkena infeksi jamur dengan cara menelan, menghirup, atau hanya melalui kulit saja.

Cara Mengatasi Kucing Flu

Saat kucing terserang flu, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat kucing peliharaan kamu sedang mengalami flu, yaitu berikut ini:

  • Pertama, rajin membersihkan tubuh kucing, terutama bagian mata dan hidung. Sebab, flu pada kucing bisa membuat bagian tubuh tersebut kotor dan berlendir.
  • Kedua, menghindari memandikan kucing saat flu. Sebab, hal tersebut bisa saja memperburuk kondisinya. Sebaliknya, kucing yang sedang flu harus dijaga suhu tubuhnya agar tetap hangat. Kamu bisa tetap menjaga kebersihan kucing selama flu dengan lap yang sudah dibasahi atau di rendam air hangat.
  • Ketiga, pastikan kucing memiliki waktu istirahat yang cukup agar dapat mempercepat proses penyembuhannya.
  • Keempat, kucing perlu rutin dijemur di bawah sinar matahari agar kuman yang menjadi penyebab flu pada kucing lekas menghilang. Tak perlu lama-lama cukup 10-15 menit antara pukul 8-9 pagi. 
  • Kelima, berikan asupan nutrisi makanan yang baik untuk kucing, terutama makanan yang kaya akan vitamin B. Selain itu jagalah lingkungan sekitar agar tetap bersih sehingga kucing bisa puliha dengan lebih cepat. 

Jika kamu sudah menerapkan langkah-langkah pengobatan diatas, tetapi kondisi kucing kamu belum juga membaik jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading