Sukses

Health

8 Makanan Pereda Gejala Asam Lambung Aman Dikonsumsi, dan Mudah Ditemukan

Fimela.com, Jakarta Asam lambung atau dikenal dengan gastroesphageal reflux disease (Gerd) kerap merasakan rasa tidak nyaman pada perutnya. Biasanya, penderita akan merasakan mual, dan nyeri di ulu hati. Kondisi ini biasanya bisa naik hingga ke kerongkongan karena katup lambung tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. 

Jika Sahabat Fimela mengalami asam lambung, maka ada sejumlah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi. selain itu, ada pula sejumlah makanan yang memang bisa menurunkan gejala asam lambung. Penasaran makanan apa saja yang bisa menurunkan gejala asam lambung? Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Sayuran 

Konsumsi sayuran yang rendah gula, lemak, yang mampu mengurangi gejala asam lambung. Sayuran tersebut berupa Brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, timun, kacang hijau, dan sayuran lainnya. 

2. Jahe

Memiliki kandungan anti-inflamasi, jahe mampu menjadi bahan alami yang dapat mengobati asam lambung, sakit mag, masalah pencernaan lainnya. Biasanya, kamu cukup mengonsumsinya dengan cara dijadikan bahan makanan sehari-hari. Langkah ini sangat efektif untuk menurunkan gejala asam lambung.

3. Oatmeal

Sedangkan oatmeal adalah sumber serat yang baik. Bagi Sahabat Fimela yang tengah menjalani diet biasanya kerap mengalami gejala asam lambung. Jadi, pastikan untuk konsumsi oatmeal untuk menghindari asam lambung yang timbul. 

4. Buah selain jeruk dan durian

Konsumsi buah-buahan sangat bagus untuk kamu yang mengalami asalm lambung. Namun pastikan untuk hindari konsumsi buah jeruk atau durian yang justru bisa merangsang terjadinya asam lambung. 

 

5. Daging dan seafood tanpa lemak

Selain itu, kamu juga bisa konsumsi daging dan makanan laut tanpa lemak. Kalkun, ikan, ayam, daging, sangat baik untuk tubuh, namun lemak yang dimilikinya sangat mempengaruhi kesehatan, jadi usahakan untuk mengurangi konsumsi lemak jika kamu mengalami asam lambung. 

6. Putih Telur

Kuning telur tinggi lemak dan bisa memicu refluks. Jadi, pastikanlah untuk konsumsi putih telur yang sangat baik bagi tubuh dan juga mengurangi gejala refluks. 

 

7. Konsumsi lemak sehat

Sumber lemak sehat bisa kita peroleh dari alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans.

8. Yogurt

Penderita asam lambung selama ini mungkin lebih memilih menghindari konsumsi yogurt karena memiliki rasa asam yang dikhawatirkan akan memperburuk keadaan. Namun, yogurt justru memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

 

#women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading