Sukses

Health

Apa Penyebab Kentut Bau yang Bikin Nggak Nyaman? Cek Di Sini!

Fimela.com, Jakarta Kentut memang diidentikkan dengan bau yang tidak sedap, akan tetapi terkadang kentut juga tidak mengeluarkan bau sama sekali. Ketika kita memiliki perut yang kembung biasanya akan mengeluarkan bau kentut yang tak sedap, meskipun hal ini wajar akan tetapi jika kamu terus menerus memiliki bau kentut yang tidak sedap hal ini mungkin adanya masalah medis yang mendasarinya.

Bisa jadi hal ini berkaitan dengan makanan yang kamu konsumsi sehingga dapat mengakibatkan infeksi, perut kembung kadang disebut sebagai buang angin atau kentut. Hal inilah yang disebut sebagai proses biologis dan dapat membantu melepaskan khas dari pencernaan, kentut yang baru tentu membuat kita tidak nyaman apalagi jika disertai dengan suara yang keras.

Kentut memang dianggap normal, kita akan kentut dalam sehari 5-6 kali. Kentut yang baru yang buat kita tidak percaya diri saat luar ruangan atau bahkan sedang banyak orang, berikut beberapa penyebab kentut tahu yang sering bikin penasaran:

1. Makanan Berserat Tinggi

Banyak makanan berserat tinggi yang dapat membuat kamu mengeluarkan lebih banyak dari biasanya, makanan inilah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah dalam sistem pencernaan sehingga akan berfermentasi dari waktu ke waktu. Makanan berserat tinggi ternyata mengeluarkan bau kentut yang tidak sedap, terutama untuk sayuran berbau tajam seperti:

  • Brokoli.
  • Bok choy.
  • Asparagus.
  • Kubis.

Ketut kamu mungkin akan berbau seperti televisi karena adanya makanan kaya serat, sulfur merupakan senyawa alami yang berbau seperti telur busuk. Jika makanan tersebut membuat perut kamu kembung mungkin akan mengakibatkan kentut yang bau.

2. Intoleransi Makanan

Jika kamu memiliki kepekaan atau reaksi terhadap makanan tertentu, kentut bisa memiliki bau yang tak sedap. Misalnya orang dengan intoleransi laktosa tidak dapat memecah karbohidrat akibatnya hal ini difermentasi oleh bakteri di usus. Intoleransi gluten atau dalam bentuk lebih parah seperti penyakit celiac juga dapat menyebabkan kentut kita bau.

Penyakit celiac merupakan penyakit auto imun di mana adanya respon imun terhadap protein, hal inilah terkadang yang dapat menyebabkan Peradangan serta cedera di usus dan bisa menyebabkan melabsotpsi. Hanya perut kembung yang membuat gendut kita bau tak sedap, ternyata penyakit Seliat juga dapat menyebabkan gejala lainnya:

  • Kelelahan.
  • Kembung.
  • Diare.
  • Penurunan berat badan.

3. Obat-Obatan

Meskipun jarang ternyata obat obatan tertentu dapat menyebabkan perut kita kembung dan mengeluarkan kentut yang bau, antibiotik dapat membunuh potagen berbahaya dalam tubuh. Mereka juga dapat menghancurkan beberapa bakteri baik di perut yang membantu pencernaan, ternyata tanpa bakteri baik inilah yang dapat membuat kentut kita bau dan juga dapat mengalami kembung serta sembelit.

4. Sembelit

Sembelit menunjukkan bahwa kamu memiliki penumpukan tinja atau kotoran di usus besar, jika kamu merasa sulit buang air besar secara teratur hal ini dapat menyebabkan berkembangnya bakteri serta baru. Hasilnya adalah kentut yang berupa busuk dan terkadang menyakitkan.

5. Penumpukan Bakteri dan Infeksi Saluran Pencernaan

Ketika tubuh kita mencerna makanan maka akan mengekstrak nutrisi dan mengirimkannya ke aliran darah. Jika ada yang mengganggu proses pencernaan ternyata dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan, beberapa bakteri dapat menyebabkan infeksi pada usus serta saluran pencernaan.

Ternyata hal inilah yang dapat menyebabkan volume gas berlebih, tinggi dari biasanya dan dapat menyebabkan bau kentut yang tak sedap. Seseorang yang mengalami infeksi saluran pencernaan biasanya lebih sering terkena sakit perut dan diare.

6. Kanker Usus Besar

Salah satu penyebab kentut bau akan tetapi hal ini lebih jarang terjadi yaitu kanker usus besar. Ketika polip atau tumpr terbentuk di saluran pencernaan hal ini dapat menyebabkan obsturksi usus parsial dan mengakibatkan penumpukan gas serta berkembang.

Jika kamu mulai mengalami lembut dan ketidaknyamanan serta adanya perubahan pola makan atau pengobatan yang dapat mempengaruhi gejala ada baiknya untuk menghubungi dokter.

7. Alkohol

Jika kamu sering makan alkohol atau alkohol gula waspadalah karena hal ini dapat menyebabkan kantuk bau yang tidak sedap. Pemanis ini tidak dapat sepenuhnya diserap oleh tubuh, sehingga mereka akan melakukan perjalanan ke usus besar di mana dapat berkontribusi pada kentut yang berbau tak sedap.

Dalam beberapa kasus seseorang mungkin dapat mengatasi masalah ini dengan mengkonsumsi obat obatan, seringkali perubahan pola makan juga dapat mengurangi atau menghilangkan bau kentut bau yang tidak sedap. Perubahan inilah yang mungkin memerlukan makan lebih sedikit atau menghindari beberapa makanan di, untuk obat resep kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading