Sukses

Health

9 Penyebab Sering Flu yang Wajib Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh akan lebih lemah daripada anak-anak. Sehingga orang dewasa bisa mengalami sering flu. Dalam kondisi normal, flu yang dialami orang dewasa bisa sembuh kurang lebih 3 hari saja. Jika lebih dari 3 hari sebaiknya segera diwaspadai dan konsultasi dengan dokter.

Ada sebagian orang yang mengalami flu hanya pada malam hari saja. Tetapi pada esok harinya, flu menjadi sembuh dengan sendirinya. Begitu juga sebaliknya. Kondisi ini biasanya diawali dengan gejala bersin-bersin, badan demam dan pilek.

Flu atau influenza ini biasanya disebabkan karena infeksi virus. Sehingga penyakit ini bisa menular melalui udara. Berikut penyebab sering flu yang wajib diwaspadai, dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Sering Flu

1. Sering Begadang

Penyebab sering flu yang pertama, yaitu karena sering begadang. Orang dewasa sering begadang untuk mengerjakan pekerjaan. Begadang bisa menyebabkan sistem imunitas rendah, kehilangan fokus di esok harinya, dan tubuh menjadi sangat lemah. Agar tidak sering flu, jagalah kualitas tidurmu dengan baik.

2. Memiliki Riwayat Penyakit Kronis

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronis bisa mengalami sering flu. Sebenarnya flu yang terlalu sering dan dialami dalam waktu lama, merupakan gejala penyakit kronis yang harus diwaspadai. Salah satunya penyakit yang menyebabkan sering flu adalah pneumonia.

3. Alergi Dingin

Sering flu bisa terjadi pada saat cuaca dingin. Bagi orang yang memiliki alergi dingin, maka bisa mengalami gejala flu seperti bersin, badan demam hingga pilek. Usahakan menjaga kehangatan tubuh pada saat cuaca sedang dingin, agar tidak mengalami flu berkepanjangan.

Penyebab Sering Flu

4. Dehidrasi

Dehidrasi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Saat mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka sistem imunitas tubuh akan menurun. Hal ini menyebabkan otak dan organ tubuh mengalami penurunan fungsi, sehingga tidak bisa menyerang virus yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, untuk mengatasi dehidrasi.

5. Kekurangan Vitamin D

Sering flu juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin D. Pada dasarnya vitamin D memiliki manfaat untuk menguatkan tulang. Tetapi vitamin ini juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu mencegah peradangan pada sistem pernapasan. Vitamin D mudah didapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari.

6. Alergi Bulu Hewan

Apakah Sahabat Fimela memiliki hewan peliharaan dan sering mengalami flu? Bisa saja kondisi ini disebabkan karena alergi terhadap bulu hewan. Gejala yang dialami berupa bersin-bersin, pilek dan kepala pusing. Bulu hewan bisa berterbangan melalui udara dan menempel pada benda di rumah.

Penyebab Sering Flu

7. Sering Mengonsumsi Minuman Dingin

Walaupun minuman dingin tampak menyegarkan, tetapi sering mengonsumsi minuman dingin bisa menyebabkan seseorang flu. Apalagi jika minum minuman dingin pada saat cuaca ekstrem. Sebaiknya hindari minum minuman dingin pada saat shu terlalu panas atau terlalu dingin. Ada baiknya mengonsumsi minuman hangat yang bisa mengatasi peradangan di dalam tubuh.

8. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Siapa sangka makanan berlemak adalah salah satu penyebab sering flu. Makanan yang berlemak seperti gorengan, memiliki kandungan minyak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan tersebut bisa menyebabkan radang ternggorokan dan flu. Bahkan lemak jahat yang dikonsumsi bisa menyebabkan penyakit jantung.

9. Sering Pulang Malam

Penyebab sering flu yang terakhir yaitu karena sering pulang malam. Udara pada malam hari sangat dingin, dan angin malam sangat tidak baik untuk kesehatan. Kondisi ini bisa menyebabkan sistem imunitas menurun, sehingga orang yang sering pulang malam akan berisiko terkena flu. Gunakan pakaian hangat saat pergi di malam hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading