Sukses

Health

Benarkah Produksi ASI Menurun Saat Puasa? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Ramadan telah tiba. Dengan datangnya Ramadan, itu artinya umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Namun begitu Sahabat Fimela, ada beberapa orang yang diperbolehkan meninggalkan puasa dan menggantinya di hari lain. Salah satu orang yang boleh meninggalkan puasa adalah ibu menyusui

Meski boleh meninggalkan puasa saat menyusui, bagi ibu menyusui yang buah hatinya sudah mendapat asupan makanan lain selain ASI atau mendapat MPASI, puasa harusnya bukan menjadi masalah. Ibu menyusui yang berpuasa tidak perlu khawatir nutrisi yang ada di dalam ASInya akan berkurang. Jumlah ASI yang dihasilkan pun menurut para ahli akan tetap berlimpah asal nutrisi yang dikonsumsi ibu menyusui tercukupi dengan baik setiap harinya.

Tubuh Akan Menyesuaikan Diri dengan Baik Saat Puasa

Para ahli menemukan jika tubuh ibu menyusui akan menyesuaikan diri saat ia berpuasa. Nutrisi yang terserap ke dalam tubuh saat berpuasa juga tidak akan menurun selama nutrisi ibu menyusui saat berbuka dan sahur mencukupi. 

Meski asupan makanan dan minuman terhenti selama beberapa jam, ini tidak berpengaruh besar pada produksi ASI. Beberapa nutrisi memang akan berkurang saat puasa seperti halnya seng, kalium dan magnesium. Namun hal ini tak perlu membuat Mom khawatir, pasalnya nutrisi lain seperti karbohidrat, lemak dan protein akan tetap sama. 

Untuk Mom dengan buah hati yang telah mendapat MPASI, untuk mencukupi kebutuhan hati sebaiknya berikan asupan nutrisi dari MPASI yang lebih banyak dibandingkan saat Mom tidak berpuasa. Ini bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati dengan lebih baik setiap harinya meski Mom sedang berpuasa.

Cukupi Cairan Tubuh Selama Berpuasa

Ketika Mom menyusui dan berpuasa, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik setiap harinya. Jika perlu, minum lebih banyak air putih saat berbuka dan sahur. Memenuhi kebutuhan cairan akan membuat tubuh lebih berstamina dan bugar saa menyusui di siang hari yang bertepatan dengan aktivitas puasa. 

Ketika Mom mengalami dehidrasi saat berpuasa, pertimbangkan lagi keputusan untuk ikut berpuasa selama menyusui. Saat berpuasa, pastikan juga untuk memiliki waktu istirahat cukup setiap harinya. Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh Mom maupun buah hati dengan lebih baik setiap harinya. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut datangnya Ramadan.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading