Sukses

Health

5 Penyebab Seseorang Malas Makan dan Tidak Merasa Lapar

Fimela.com, Jakarta Rasa lapar menjadi pertanda bahwa tubuh kita membutuhkan makanan atau ingin segera mengonsumsi makanan. Namun apa jadinya jika seseorang malas makan hingga merasa tidak lapar sama sekali? 

Padahal ketika tubuh sudah kehilangan bahan bakar, rasa lapar ini biasanya bakal muncul. Tubuh juga akan sulit beraktivitas jika seseorang kekurangan makan karena sumber energi tidak didapat. 

Namun, dalam kondisi tertentu, seseorang bisa saja kehilangan nafsu makan hingga menjadi malas untuk mengonsumsi makanan. Kira-kira apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab seseorang malas makan tidak merasa lapar. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Sedang Merasa Cemas

Penyebab pertama seseorang malas makan dan merasa tidak lapar dipicu oleh kecemasan yang sedang dihadapinya. Ketika kamu sedang cemas, tubuh bakal merespons dengan melepaskan hormon yang memperlambat pencernaan dan selera makan.

Ketika kamu memiliki gangguan kecemasan, mungkin juga muncul gejala lain seperti mual yang mempengaruhi selera makan. Kondisi ini sebaiknya tidak dibiarkan, sebab dapat memicu penyakit lainnya yang berhubungan dengan pencernaan mudah muncul. 

2. Mengalami Depresi

Penyebab kedua seseorang malas makan dan merasa tidak lapar dipicu oleh depresi. Perlu diketahui, depresi bisa menyebabkan hilangnya rasa lapar dalam jangka waktu lama. Penelitian mengungkap bahwa depresi dapat mempengaruhi bagian tertentu pada otak yang memonitor kondisi psikologis tubuh, termasuk rasa lapar dan selera makan.

3. Mengalami Stres Berat

Stres yang berlebihan dapat membuat seseorang merasa malas makan. Hal ini karena stres menyebabkan rasa mual dan masalah pencernaan yang berdampak buruk pada selera makan.

Jenis stres yang dialami bisa berdampak langsung pada selera makan ini. Stres akut yang dialami seseorang bisa memiliki hubungan langsung dan seketika pada nafsu makan. Untuk itu, lebih bijak bagi kamu mulai belajar untuk mengantisipasi stres agar tidak mempengaruhi selera makan.

4. Efek Mengonsumsi Obat Tertentu

Berikutnya, penyebab lainnya yang memicu seseorang malas makan adalah karena obat-obatan yang dikonsumsi. Beberapa jenis obat memiliki efek samping yang mempengaruhi selera makan seseorang, sebagai contohnya adalah jenis obat antibiotik, antihipertensi, serta sedatif.

Hal ini biasanya disertai efek samping berupa kelelahan dan mual. Radiasi serta kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker juga bisa berdampak menekan nafsu makan.

5. Efek Penyakit Tertentu

Penyakit seperti flu atau gangguan di pencernaan bisa menyebabkan hilangnya selera makan. Penyakit pernapasan juga menyumbat penciuman sehingga nafsu makan menurun. Penyakit ini biasanya juga disertai dengan gejala seperti mual yang berdampak langsung pada selera makan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading