Sukses

Health

5 Cara Mencegah Perut Kembung agar Perjalanan Mudik Nyaman

Fimela.com, Jakarta Perut kembung saat mudik bisa membuat perjalanan jadi tidak nyaman. Belum lagi dengan rasa nyeri di perut saat kembung bisa membuat kita kesulitan untuk menikmati perjalanan. Agar perjalanan mudik nyaman tanpa perut kembung, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Selain mengusahakan menggunakan pakaian nyaman dan cukup hangat selama mudik, berikut ini lima cara mencegah perut kembung terkait pola makan dan minum. Selengkapnya, langsung saja simak infonya di bawah ini.

 

1. Hindari Minuman Bersoda

Sebisa mungkin kurangi atau hindari minuman bersoda. Kandungan soda dalam minuman saat masuk ke dalam perut bisa menimbulkan lebih banyak gelembung yang memicu perut kembung. Jadi, sebelum berangkat mudik coba hindari minuman yang mengandung soda, ya.

2. Minum Teh Hijau atau Teh Jahe

Mengonsumsi teh hijau hangat akan mampu melancarkan pencernaan, karena kandungan katekin dan antioksidan teh hija tinggi. Teh hijau membantu mengurangi iritasi dan efek racun penyebab perut kembung dan begah dan membantu mendorong gas untuk keluar. Teh jahe atau wedang jahe hangat juga bisa diminum untuk menstimulasi pergerakan usus, ini karena teh jahe memiliki kandungan anti inflamasi yang baik untuk sistem pencernaan.

 

3. Makan Perlahan

Jangan terburu-buru atau tergesa-gesa saat makan. Makan yang terlalu cepat dapat membuat banyak udara masuk ke dalam pencernaan sehingga memicu perut kembung. Kunyah setiap suapan secara perlahan sebelum ditelan. Makanan yang dikunyah perlahan bisa dicerna lebih baik oleh tubuh.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh dengan Air Hangat

Air putih hangat merupakan minuman yang tergolong paling aman untuk cegah perut kembung. Air hangat ini bisa membantu mengurangi gas atau di dalam perut, sehingga perut menjadi lebih nyaman dan sistem pencernaan lancar. Saat melakukan perjalanan mudik, bisa menyiapkan bekal air hangat dalam termos untuk diminum setiap kali butuh.

5. Hindari Makanan Penyebab Perut Kembung

Ahli gizi Charles Passler, MD, seperti yang dilansir dari wellandgood.com menyebutkan bahwa tubuh tiap orang bisa memiliki reaksi berbeda-beda terhadap jenis makanan berbeda. Kita perlu lebih peka dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Berhati-hatilah dengan jenis makanan atau minuman yang mudah memicu perut kembung. Umumnya jenis makanan yang menyebabkan perut kembung meliputi produk tepung, produk yang mengandung susu, brokoli, kubis, kembang kol, dan kacang-kacangan.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk mencegah perut kembung agar perjalanan mudik nyaman. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading