Sukses

Health

Tips Makan Sehat Anak Kos, Perbanyak Sayur hingga Masak Sendiri

Fimela.com, Jakarta Menjadi anak kos dengan pola hidup yang sehat bisa dibilang tak mudah. Mengingat saat kos seseorang harus jauh dari orangtua dan pola makan yang ada pun tanpa pengawasan orang tua. Selama kos, seseorang pun harus pandai-pandai memilih makanan yang tak hanya sehat dan enak tetapi juga memiliki harga terjangkau. Sayangnya, makanan sehat yang enak dan terjangkau cukup sulit dicari di perantauan. Belum lagi uang saku selama kos hanya pas-pasan. 

Lantas bagaimana agar anak kos tetap makan sehat selama di perantuan? Ada beberapa tips yang penting kamu terapkan selama kos agar tetap makan sehat dan enak selama kos. Simak tipsnya berikut ini.

Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah makanan yang wajib kamu konsumsi selama kos. Dua jenis makanan ini termasuk makanan paling sehat. Ada beberapa jenis sayur dan buah dengan rasa enak dan harga terjangkau. Harga sayur matang di perantuan juga terbilang lebih murah. Untuk buah, beli buah yang sudah dipotong atau sekali makan jika memang ingin lebih hemat. 

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan adalah hal yang paling penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak peduli jika hanya sarapan dengan satu buah apel, saat pagi hari usahakan untuk tetap sarapan. Agar memiliki waktu untuk sarapan, pastikan juga untuk bangun awal atau lebih pagi setiap harinya. Bangun lebih pagi akan membuat tubuh lebih sehat, bugar dan segar. 

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. Minum air putih minimal 8 gelas sehari. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari selama kos. Minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuhmu setiap harinya. 

Masak Sendiri

Jika di kos ada fasilitas untuk memasak, usahakan untuk selalu memasak untuk dapatkan makanan sehat dan enak. Memasak masakan sendiri dijamin akan lebih sehat, enak dan terjamin kebersihannya. Ini juga bisa lebih hemat asal kamu pandai mengatur keuangan. 

Pilih Snack Sehat

Untuk camilan sehari-hari, pilihlah snack yang sehat seperti kacang-kacangan atau irisan buah. Yogurt juga bisa menjadi camilan sehat selama kos. Hindari memilih snack yang terlalu banyak mengandung gula, garam bahkan bahan penyedap, pewarna maupun pengawet di dalamnya. 

Olahraga

Sesibuk apapun aktivitasmu ketika kos, pastikan untuk memiliki waktu olahraga cukup. Olahraga sederhana seperti jalan kaki, peregangan otot dan yoga bisa dilakukan selama kos.

Miliki Istirahat Cukup

Pastikan untuk memiliki waktu istirahat cukup setiap harinya. Meski jauh dari orangtua, hindari aktivitas yang membuatmua begitu bebas bermain pergi pagi pulang pagi sehingga lupa untuk istirahat. Pastikan untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. 

Itulah tips makan sehat anak kos. Semoga informasi ini bermanfaat. Hidup sehat saat kos memang terdengar cukup sulit dilakukan. Meski sulit, ini tak mustahil untuk tetap bisa dilakukan. Selama kita memiliki tekad kuat untuk hidup lebih sehat, kita pasti bisa melakukannya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading