Sukses

Health

Gejala Buta Warna Parsial yang Menyebabkan Calon Bintara Gagal Masuk Kepolisian

Fimela.com, Jakarta Seorang calon Bintara gagal menjadi polisi meski sudah melewati serangkaian test dan dinyatakan lolos. Dia sudah masuk peringkat 35 dari 1.200 peserta, namun tetap gagal menjadi siswa Korps Bhayangkara karena buta warna parsial.

Melansir Liputan6.com, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan jika Fahri Fadilah Nur Rizki telah mendaftar sebagai calon siswa di Polda Metro Jaya asal pengiriman Polres Jakarta Timur (Jaktim).

Zulpan menjelaskan, pada 2019 hingga 2020 Fahri tidak lolos seleksi pada tahap pemeriksaan kesehatan karena didiagnosa buta warna parsial. Namun pada 2021, dia sempat dinyatakan lulus tahap 1 tahun  2022. 

Namun, ia harus gagal lagi di tahun ini karena dinyatakan buta warna parsial setelah kegiatan supervisi terhadap peserta yang lulus tahap 1 sebelum mereka mengikuti pendidikan."Kemudian supervisi yang dipimpin ketua tim menyebutkan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat dengan temuan buta warna parsial," katanya.

Memang untuk beberapa pekerjaan seperti kepolisian, tidak buta warna menjadi syarat yang mutlak.

Lalu sebenarnya apa itu buta warna parsial? Melansir gouldvision.com, buta warna parsial menyebabkan pandangan mata seseorang menjadi kurang efektif karena tidak bisa menangkap seluruh jenis warna. Orang yang didiagnosis dengan kebutaan parsial memiliki penglihatan lebih rendah. 

Buta warna parsial juga menyebabkan Buta seseorang tidak dapat membedakan warna-warna tertentu, seperti warna hijau, biru, atau merah. 

Gejala Buta Warna Parsial

Menurut National Health Service, buta warna parsial merah-hijau paling umum terjadi. Gejala buta warna parsial merah-hijau meliputi:

  • Kesulitan untuk membedakan antara merah, oranye, kuning, coklat dan hijau
  • Melihat warna-warna tersebut lebih kusam daripada yang terlihat oleh seseorang dengan penglihatan normal.
  • Kesulitan membedakan antara nuansa ungu.
  • Kebingungan membedakan warna merah dan hitam.

Penyebab Umum Kebutaan Parsial

Cedera pada mata

Jika seseorang terkena langsung di mata atau terkena percikan bahan kimia, maka mereka dapat mengembangkan kebutaan parsial.

Glaukoma

Ini adalah kondisi yang ditandai dengan peningkatan tekanan okular dan mengakibatkan kerusakan pada saraf optik.  Ini pada akhirnya akan menyebabkan kebutaan total, tetapi kebanyakan orang telah mengobatinya sebelum mencapai titik itu.

Degenerasi makula

Ini adalah kondisi di mana makula, atau bagian tengah retina, mulai memburuk.  Ini menghasilkan bintik-bintik buta atau kebutaan sebagian.

Katarak

Ketika katarak berkembang di atas lensa mata seseorang, itu dapat menyebabkan mereka mengalami kebutaan parsial.  Kondisi ini dapat diobati dengan koreksi bedah.

Berbagai Jenis Kebutaan Parsial

Dokter mata Miami menjelaskan berbagai jenis kebutaan parsial yang dialami orang sehingga dapat mengetahui apa yang harus dicari.  

Tergantung pada penyebab kebutaan parsial, mungkin mengalami berbagai gejala yang berbeda.  Misalnya, seseorang yang mengalami kebutaan parsial karena katarak mungkin mengalami silau dan kekaburan yang berlebihan dalam penglihatannya.  

Seseorang yang mengalami kebutaan parsial karena glaukoma mungkin kehilangan seluruh titik penglihatannya atau bahkan merasa seperti melihat melalui terowongan.  Dengan degenerasi makula, orang sering mulai kehilangan penglihatan mereka di bagian tengah penglihatan mereka sementara penglihatan tepi tetap utuh.

 

 

 

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading