Sukses

Health

7 Penyebab Telapak Tangan Kesemutan yang Sering Mengganggu

Fimela.com, Jakarta Tangan akan mengalami perubahan suhu karena berbagai alasan dan terkadang akan menjadi sangat hangat atau bahkan dingin pada beberapa waktu tertentu. Terkadang saat tangan merasa sangat panas akan membuat kita khawatir dan ketakutan.

Pernahkah kamu mengalami telapak tangan yang kesemutan? Tangan atau bagian kaki yang kesemutan merupakan salah satu gejala yang sangat umum meskipun terkadang mengganggu. Hal ini juga dapat terjadi atau menandakan adanya tekanan pada saraf saat lengan bengkok di bawah kepala saat kita tertidur.

Dalam beberapa kasus kesemutan pada telapak tangan maupun kaki bisa menjadi sangat parah, meskipun menandakan adanya tanda kerusakan pada saraf gejala satu ini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab seperti cedera traumatis, Stress, infeksi bakteri, dan lainnya. Kesemutan atau kerusakan saraf satu ini dikenal sebagai neuropati perifer, berikut beberapa penyebab telapak tangan kesemutan yang mungkin kamu alami:

1. Diabetes

Kerusakan saraf yang disebabkan oleh gula darah tinggi adalah salah satu penyebab yang paling umum dari tangan dan kaki yang mati rasa atau mungkin kesemutan. Ketika kamu mengalami diabetes terkadang akan merasakan haus, sering buang air kecil, atau mungkin nafas yang berbau. Untuk mengetahui kamu mengalami diabetes atau tidak ada baiknya untuk periksa ke dokter.

2. Kehamilan

Bayi yang sedang bertumbuh dan cairan ekstra pada kehamilan terkadang akan menekan saraf di tubuh, hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami mati rasa dan perih pada bagian lengan, tangan, atau bahkan kaki. Kulit yang meregang mungkin akan membuat perut mengalami mati rasa, tapi kamu tak perlu khawatir karena mati rasa atau kesemutan pada kehamilan akan mereda dan menghilang pasca melahirkan.

3. Saraf Terjepit

Saraf yang menonjol atau tergelincir di bagian tulang belakang terkadang akan memberi teanan pada saraf yang berjalan di bagian kaki, dan membuat seseorang menyebabkan mati rasa atau bahkan kesemutan. Saraf terjepit pada bagian pergelangan tangan akan membuat seseorang mengalami kehilangan rasa. Untuk masalah satu ini kamu periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

4. Obat-Obatan

Masalah saraf yang mungkin kita alami seringkali menandakan adanya efek dari beberapa obat resep yang mungkin kita konsumsi, obat-obatan yang kita konsumsi terkadang dapat menyebabkan kelemahan atau mati rasa pada bagian tangan atau telapak kaki. Untuk itu sebelum dokter memberikan resep obat, ada baiknya kamu menanyakan efek samping dari obat yang kamu konsumsi.

5. Infeksi

Beberapa infeksi virus dan bakteri ternyata dapat merusak saraf dan menyebabkan mati rasa atau rasa skait yang menusuk dibagian tangan dan kaki. Beberapa virus tersebut merupakan HIV, Hepatitis B dan C, dan lainnya.

6. Tiroid

Tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme terkadang dapat menyebabkan rasa sakit, terbakar, atau bahkan mati rasa di bagian tangan dan kaki. Hal ini biasanya akan terjadi ketika hipotiroidisme semakin parah, ketika kamu mengalami masalah tiroid ada baiknya untuk melakukan olahraga untuk meredakannya.

7. Terlalu Banyak Alkohol

Apakah kamu termasuk orang yang sering mengkonsumsi alkohol? Ternyata penggunaan alkohol bagi tubuh dan membuat kita mengalami kekurangan vitamin B12 dan folat. Baik kerusakan maupun kekurangan vitamin yang dapat membuat saraf tidak bekerja sebagaimana semestinya, hal ini bisa menyebabkan hikangnya perasaan di kaki maupun tangan.

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami kesemutan pada bagian telapak tangan, beberapa diantaranya ada yang menandakan masalah serius. Jika kamu merasakan gejala lain saat kesemutan ada baiknya untuk periksa dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

What's On Fimela
Loading