Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Health

Kenapa Mr. P Terbangun di Pagi Hari? Cari Tahu Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar pria, mendapati penisnya atau mr.P terbangun di pagi hari adalah yang biasa. Tapi bagi sebagian besar perempuan yang telah bersuami, hal ini cukup menggelikan. Apa iya suami minta jatah di pagi hari sesaat setelah ia terbangun dari tidurnya? 

Melansir dari laman healthline.com, penis yang ereksi di pagi hari adalah suatu hal yang terjadi secara spontan. Ini normal dialami semua pria bahkan ketika ia masih di dalam rahim dan anak-anak. Jika biasanya penis yang ereksi terjadi karena sentuhan atau rangsangan, penis yang terbangun, mengeras dan tegak di pagi hari bukan terjadi karena hal tersebut. Kondisi ini disebut sebagai nocturnal penile tumescence (NPT).

Penyebab Penis Ereksi di Pagi Hari

Meski dalam beberapa tahun belakangan ada beberapa teori yang menjelaskan tentang NPT, tapi apa yang menjadi penyebabnya masih belum benar-benar jelas. Yang jelas NPT berkaitan dengan tidur REM (Rapid Eye Movement)

Jika normalnya otak mengendalikan penis dan memastikan ereksi hanya terjadi ketika diperlukan, saat tidur REM justru bebas mengendalikan penis untuk melakukan apa yang ia mau. Salah satunya mengeras atau ereksi.

Selain hal di atas, melansir dari laman verywellhealth.com penelitian menemukan jika ada beberapa penyebab kenapa penis terbangun di pagi hari. Penyebab tersebut antara lain adalah mimpi erotis saat tidur sehingga membuat penis terangsang ketika pria tertidur. Walau rangsangan terjadi tanpa disadari, ini tetap akan membuat penis terbangun saat pria bangun tidur. 

Penyebab lain dari penis terbangun di pagi hari adalah pengaruh hormon terstosteron yang naik. Hormon ini berperan penting dalam produksi sperma dan air mani yang erat kaitannya dengan penis sebagai jalan keluarnya. 

Mr.P yang Terbangun di Pagi Hari Itu Baik

Penelitian menemukan jika penis yang rutin mengalami ereksi di pagi hari ini baik untuk kesehatan. Tobias Kohler, M.D., M.P.H., profesor dan direktur program residensi divisi urologi di Southern Illinois University’s School of Medicine mengatakan jika pria yang memiliki ereksi di pagi hari, itu menandakan bahwa kesehatan organ intimnya baik. Ini juga menunjukkan aliran darah yang menuju penis bekerja dengan baik. 

Namun, jika seorang pria tidak mengalami ereksi di pagi hari, ia tak perlu khawatir. Selama ini tetap bisa mengalami ereksi saat mendapat rangsangan, ini tetap baik bagi kesehatannya. Sebaliknya, jika seorang pria tidak mengalami ereksi saat mendapat rangsangan atau dalam jangka waktu lama, bisa jadi hal ini terkait dengan masalah kesehatan tertentu. 

Pria disarankan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya jika tidak mampu ereksi saat mendapat rangsangan terlebih setelah dalam waktu yang lama. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading