Sukses

Health

Alami Mood Swing saat Menstruasi, Ini yang Harus Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Mood swing diartikan sebagai perubahan suasana hati yang jelas terasa dan terjadi secara tiba-tiba. Perubahan suasana hati atau mood swing dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Pada perempuan, mood swing akan dialami ketika sedang menstruasi, hamil, dan menopause.

Perempuan yang sedang berada di siklus menstruasi akan sangat mudah mengalami mood swing. Hal ini erat kaitannya dengan perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Turunnya kadar estrogen dan progestin akan memengaruhi kadar serotonin yang berperan dalam mengatur suasana hati.

Mood swing pada perempuan yang sedang menstruasi bisa menyebabkan perasaan yang semula bahagia atau biasa saja menjadi sedih, gelisah, cemas, bahkan marah secara tiba-tiba. Lantas, apa yang seharusnya dilakukan saat mengalami mood swing? Lakukan tips berikut ini, ya.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Menurut sebuah penelitian, konsumsi makanan sehat akan menurunkan resiko gangguan mental dan Depresi. Memakan makanan sehat yang bergizi dan lezat juga dapat meningkatkan mood. Usahakan untuk mengatur pola makan juga ya, agar berat badan tetap terkontrol selama menstruasi.

2. Tidur Cukup

Tidur malam yang berkualitas selama 7-8 jam setiap harinya bisa mencegah mood swing. Hal ini karena tidur yang cukup bisa membuat tubuh kembali segar dan bugar, sehingga bisa terhindar dari mood swing. Sebaiknya jangan tidur lebih lama dari itu karena bisa membuat tubuh lesu ketika bangun.

3. Berolahraga

Saat sedang menstruasi tetap disarankan untuk berolahraga karena selain baik bagi kesehatan tubuh, berolahraga saat menstruasi juga bisa menaikkan mood. Lakukan aktifitas yang ringan, seperti jalan kaki, senam, bersepeda, atau berenang selama 30 menit setiap hari.

4. Kelola Stres

Perempuan yang mengalami mood swing saat menstruasi akan rentan mengalami stres. Mengelola stres bisa dilakukan dengan cara mengungkapkan keluh kesah, bermeditasi, dan melakukan aktifitas yang menyenangkan. Dengan mengelola stres, mood swing bisa dikurangi.

Sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti apa penyebab mood swing yang dialami perempuan saat menstruasi. Namun, Sahabat Fimela bisa mempraktekkan tips di atas jika mengalaminya. Sekian tips dari Fimela untuk mengatasi mood swing saat menstruasi, semoga bermanfaat, ya.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia

What's On Fimela
Loading