Sukses

Health

8 Tanda Kamu dalam Masa Subur, Waktu Terbaik untuk Program Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat dinanti oleh setiap pasangan yang telah menikah. Dengan kehamilan, itu akan membuat keluarga yang dibangun terasa lebih lengkap karena kehadiran buah hati di dalamnya. Meski kehamilan adalah momen yang sangat dinanti dan diusahakan oleh banyak pasangan, tidak sedikit pasangan yang harus menunggu dalam waktu lama atau berusaha ekstra demi berada dalam momen tersebut. 

Ada pasangan yang bisa cepat hamil dan dikaruniai buah hati setelah menikah. Tapi tidak sedikit pasangan yang harus menunggu untuk beberapa waktu dulu bahkan bertahun-tahun hingga akhirnya diberikan momongan. Bagi kamu dan pasangan yang sedang menjalani program hamil, ada baiknya jika kamu mengetahui waktu suburmu. Saat kamu tahu waktu subur, ini akan mempermudah dan memperbanyak peluangmu untuk hamil. 

Melansir dari laman liputan6.com, ada beberapa tanda yang bisa kamu rasakan saat kamu berada dalam masa subur. Waktu ini dipercaya sebagai waktu terbaik untuk melakukan program kehamilan. Apa saja tandanya? Simak yang berikut ini.

Merasa Lebih Seksi

Tanda pertama adalah kamu merasa lebih seksi dan bergairah dari biasanya. Penelitian menemukan jika ketika perempuan berada di masa subur, ia akan tampak lebih menawan, cantik dan mengesankan. Ia juga akan tampak lebih seksi dan bugar.

Air Liur Terasa Lebih Kering

Tanda selanjutnya adalah air liur terasa lebih kering. Hal ini dipengaruhi oleh kadar progesteron dan estrogen yang berubah dalam tubuh. Selain air liur lebih kering, ini juga ditandai dengan air liur yang lebih khas dengan membentuk motif seperti kristal.

Perut Bawah Sakit

Beberapa perempuan akan merasakan sakit di perut bagian bawah seperti saat mereka menjelang menstruasi. Ini karena proses ovulasi sedang terjadi. Selain perut sakit, biasanya kesuburan juga ditandai dengan keluarnya bercak cokelat dari miss V.

Indera Penciuman Lebih Sensitif

Hampir sama seperti momen kehamilan, masa subur juga ditandai dengan indera penciuman yang lebih sensitif. Hal inu terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Tanda ini mungkin sulit dikenali. Tapi jika ini terjadi beberapa hari setelah menstruasi, bisa jadi ini adalah tanda kamu sedang berada masa subur.

Perut Mual dan Kembung

Indera penciuman yang sensitif selama masa subur tidak jarang akan meningkatkan risiko perut mual dan kembung. Perut kembung terjadi ketika ada peningkatan retensi air akibat kadar estrogen tubuh meningkat. Biasanya hal ini hanya terjadi beberapa saat.

Sakit Kepala

Tanda dari masa subur berikutnya adalah sakit kepala. Para ahli mengungkapkan jika sakit kepala yang terjadi di masa subur biasanya terasa seperti migrain. Ini akan terjadi setelah kamu menstruasi. Umumnya, sakit kepala ini terasa mirip dengan saat kamu menjelang menstruasi.

Payudara Nyeri

Beberapa penelitian menemukan jika payudara nyeri juga sebagai tanda dari masa subur. Payudara nyeri sebagai tanda kesuburan terjadi setelah menstruasi. Namun jika nyeri payudara ini terus berlanjut hingga kamu menstruasi dan nyerinya semakin parah, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kamu ke dokter atau bidan ahlinya.

Gairah Seks Meningkat

Perempuan yang berada pada masa subur juga akan mengalami kenaikan gairah seks. Penelitian menemukan jika perempuan subur umumnya memiliki gairah seks yang menggebu-gebu. Gairah yang meningkat ini juga sebagai tanda bahwa rahim siap dibuahi.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang berada dalam masa subur. Untuk yang sedang merencanakan kehamilan, usahakan untuk rutin berhubungan intim di waktu ini. Sedangkan untuk kamu yang sedang menunda kehamilan, sebaiknya lebih hati-hati saat melakukan hubungan intim. Bila perlu gunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim dengan suami. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading