Sukses

Health

5 Penyebab Diare Terus Menerus yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami diare terkadang kita akan buang air besar terus menerus serta tinja akan encer atau berair. Hal ini sangat umum dan wajar terjadi oleh setiap orang dari remaja maupun dewasa.

Banyak orang yang mengalami diare 2 hingga 3 hari selama satu minggu, meskipun hal ini tak selalu berkaitan dengan masalah kesehatan lainnya tetapi hal ini juga dapat menandakan adanya masalah yang serius.

Diare yang dialami terkadang tidak berlangsung lama hanya beberapa hari, jika kamu mengalami diare yang lebih dari satu minggu bisa jadi hal ini menandakan masalah yang serius. Berikut beberapa penyebab diare yang sering terjadi:

1. Virus

Virus ternyata dapat menyebabkan seseorang mengalami diare, beberapa virus yang dialami seseorang terkadang akan memperburuk diare. Selain itu virus yang terjadi tidak hanya membuat seseorang diare tetapi juga mual dan muntah.

2. Bakteri dan Parasit

Paparan pathogen atau bakteri E. coli serta beberapa parasit yang melalui makanan atau air yang terkontaminasi dapat menyebabkan diare. Selain itu ketika seseorang mengalami diare karena bakteri atau parasite akan membuatnya merasa mual.

3. Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi tentu memiliki efek samping yang berbeda, beberapa obat antibiotik ternyata dapat menyebabkan diare. Antibiotik mengurangi infeksi dengan membunuh bakteri jahat, tetapi juga membunuh bakteri yang baik. Ternyata hal ini dapat mengganggu keseimabangan alami bakteri dibagian usus.

4. Pemanis Buatan

Pemanis buatan atau gula yang tidak dapat diserap yang ditemukan dalam beberapa jajanan atau permen karet dan beberapa produk bebas gula lainnya yang membuat seseorang mengalami diare.

5. Gangguan Pencernaan

Diare kronis ternyata memiliki beberapa sejumlah penyebab lainnya, seperti IBS dan penyakit Crohn.

Gejala Diare

Seseorang yang mengalami diare, mungkin akan merasakan beberapa gejala dibawah ini:

  • Perut kembung.
  • Kram.
  • Kotoran yang berair.
  • Mual dan muntah.

Berikut Gejala yang Serius dari Diare:

  • Darah atau lendir yang keluar bersamaa tinja.
  • Penurunan berat badan.
  • Demam.

Nah, itulah beberapa penyebab dari diare yang mungkin kamu alami. Beberapa penyebab tersebut terkadang membuat seseorang tidak nyaman terutama saat buang air besar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading