Sukses

Health

Kini Wisatawan Medis Lebih Mudah Lakukan Pemeriksaan dan Pengobatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Ada banyak kesalahpahaman dan mitos yang terkait dengan penyakit jantung. Sebagian orang meyakini bahwa anak-anak dan dewasa muda tidak perlu memikirkan masalah kesehatan jantung karena anggapan faktor usia yang masih muda tidak berisiko mengalami penyakit jantung. 

Ini tidak benar karena masalah kesehatan jantung bahkan serangan jantung dapat terjadi pada usia berapa pun. Prevalensi penyakit jantung koroner pada dewasa muda perlahan meningkat karena merokok, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan alasan lain yang memberi tekanan pada sistem kardiovaskular.

Ditambah lagi dengan adanya faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi seperti riwayat keluarga (faktor genetik). Sebagaimana pepatah mengatakan, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, kesadaran terhadap kesehatan jantung dapat memperbesar kemungkinan untuk mencegah terjadinya kondisi yang fatal.

Pemeriksaan atau skrining kesehatan dapat mendeteksi adanya abnormalitas dalam sistem tubuh seseorang, sehingga dapat segera ditangani pada tahap sedini mungkin.

Dokter Lawrence Chan, dokter spesialis jantung dari CVSKL, menambahkan, merokok, obesitas, darah tinggi dan diabetes merupakan penyebab tersering terjadinya serangan jantung. Jika terjadi serangan jantung kedua pada usia muda,risiko kematian atau stroke mungkin terjadi.

Pencegahan aterosklrerosis bisa dilakukan dengan menjaga pola makan, aktif bergerak, hindari rokok, dan lakukan medical checkup jantung secara rutin.

Guna meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan jantung, Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL) bekerjasama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) yang diresmikan dengan penandatanganan nota kesepahaman dalam acara Pengukuhan Dewan Dan Pelantikan Pengurus PSMTI Pusat masa bakti 2022-2026 yang diselenggarakan di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada tanggal 6 Juli 2022 yang lalu.

Serah-terima dilakukan antara Ketua Umum PSMTI, Willianto Tanta, dengan salah satu perwakilan CVSKL di Indonesia, Tan Long Ming (Romi), yang juga anggota di Departemen Organisasi PSMTI Pusat.

Kemudahan dalam wisatawan medis

Dalam kerjasama ini, CVSKL akan memberikan kemudahan bagi wisatawan medis yang hendak melakukan pemeriksaan atau pengobatan jantung, dalam hal ini terutama bagi seluruh anggota PSMTI, sebagaimana disampaikan oleh Chief Executive Officer CVSKL, Tan Eng Ghee. Salah satunya adalah dengan adanya layanan bebas biaya melalui perwakilan CVSKL di Indonesia, berupa informasi maupun bantuan pengaturan sebagai berikut:

-memberikan rekomendasi dokter, membuatkan janji temu untuk konsultasi, informasi penginapan terdekat, layanan penjemputan gratis dari bandara Kuala Lumpur.

CVSKL adalah rumah sakit swasta khusus jantung dan pembuluh darah di Malaysia yang telah memperoleh berbagai penghargaan dan akreditasi sebagai penyedia layanan kardiologi Asia Pasifik.

Berbagai pemeriksaan maupun pengobatan masalah jantung dan vaskular untuk dewasa  dapat ditangani di CVSKL, dengan didukung fasilitas berteknologi canggih serta dokter-dokter ahli yang telah berpengalaman bukan hanya dalam praktik medis namun juga sebagai pengajar dalam skala nasional maupun global.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading