Sukses

Health

Apa Manfaat Kunyit Hitam Asli? Simak 7 Khasiat Ini!

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita hanya mengetahui kunyit identik dengan warna kuning pekat. Tapi ternyata ada juga lho jenis kunyit yang warnanya hitam sehingga disebut dengan kunyit hitam. Black turmeric atau kunyit hitam memiliki nama ilmiah Curcuma caesia dan umumnya tumbuh di daerah India Timur Laut dan Tengah. Karena jumlahnya yang langka, banyak orang memalsukan kunyit hitam dan dijual dengan harga murah. Seperti kunyit kuning, kunyit hitam diduga memiliki manfaat kesehatan atau sebagai obat. Ini sekian manfaat kunyit hitam asli.

1. Mengatasi penyakit paru-paru

Kunyit hitam dipercaya dapat mengurangi gejala serta mengobati penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, radang paru-paru, dll. Kandungan kurkumin dalam kunyit hitam bersifat obat sehingga dapat membantu fungsi obat-obatan kimia yang diminum saat mengalami penyakit paru-paru. Kunyit tidak mengganggu pengobatan dan justru membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung sel-sel sehat mengatasi gejala.

2. Mengatasi leukoderma

Kunyit hitam juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit leukoderma. Orang yang menderita kondisi kulit leucoderma dapat mengoleskan parutan kunyit hitam pada bagian kulit yang gatal atau sakit. Kandungan antibakteri, antijamur dan antimikroba di dalam kunyit hitam efektif mengurangi gejala dan mempercepat kesembuhan.

3. Pereda nyeri

Kunyit Hitam dianggap sebagai pereda nyeri yang sangat baik. Bisa dihaluskan lalu diminum atau dioleskan pada bagian yang nyeri, terutama setelah terjatuh atau lebam. Dari ruam, sakit gigi, osteoarthritis hingga masalah perut seperti kram menstruasi, kunyit Hitam dapat membantu meredakan nyeri. Namun perlu diperhatikan porsinya, cukup sekali minum dalam sehari.

4. Membantu pengobatan kanker

Kurkumin dalam kunyit hitam juga dapat membantu menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker lebih cepat. Mengonsumsi kunyit hitam juga mampu menguatkan sistem imun tubuh yang melawan sel kanker serta efek samping dari kemoterapi. Bahkan mengonsumsi kunyit hitam mampu membantu menguatkan pengobatan konvensional yang sedang dijalankan untuk melawan sel kanker.

5. Menurunkan berat badan

Kunyit hitam yang terasa getir mampu mengurangi nafsu makan sehingga berfungsi membantu menurunkan berat badan atau berguna dalam mendukung program diet. Kunyit hitam juga membantu dalam pemecahan lemak makanan dalam tubuh sehingga ketika orang olahraga, lemak akan lebih mudah dibakar.

6. Mencegah penyakit hati

Sari kunyit hitam mampu menjaga kesehatan liver atau organ hati. Kandungan dalam kunyit hitam juga mampu mendukung produksi empedu yang efisien membantu pencernaan yang lebih baik dan mencegah penyakit hati bahkan mengurangi risiko mengembangkan resistensi insulin dalam tubuh sehingga menurunkan risiko mengalami diabetes.

7. Antioksidan alami

Secara alami tubuh akan mengalami oksidasi dan mengumpulkan radikal bebas di dalam tubuh. Kunyit hitam berfungsi sebagai antioksidan alami mampu mengatasi radikal bebas di dalam tubuh sehingga mampu menjaga sel-sel tubuh sehat dan menjaga tubuh awet muda atau tidak mengalami penuaan dini. Bahkan dipercaya kunyit hitam dapat menetralisir radikal bebas yang tidak bisa dilakukan oleh tubuh kita.

Itu dia sekian manfaat kunyit hitam asli. Jangan ragu mengonsumsi sebagai obat jika menemukan yang asli ya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading