Sukses

Health

5 Khasiat Lengkuas yang Utama untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Lengkuas adalah salah satu tanaman obat yang lebih umum dikenal sebagai salah satu bumbu dapur. tapi lengkuas lebih dari sekadar rempah masakan. Lengkuas termasuk ke dalam keluarga tanaman obat-obatan yang memiliki khasiat atau manfaat kesehatan yang tak bisa diabaikan. Ini beberapa khasiat utama lengkuas untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi inflamasi dan nyeri

Peradangan seringkali menjadi permasalahan umum di dalam tubuh tapi tidak bisa diabaikan begitu saja. Peradangan atau inflamasi mampu menyebabkan penyakit yang lebih serius. Fitokimia alami di dalam lengkuas diketahui memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Bahkan mengonsumsi ekstrak lengkuas diketahui dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri di tubuh, bagian luar maupun dalam.

2. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam akar lengkuas, yang dikenal sebagai galangin, dapat membunuh sel kanker atau mencegahnya menyebar. Lengkuas juga dapat mencegah tubuh mengembangkan jenis kanker tertentu. Beberapa studi menemukan bahwa lengkuas dapat melawan sel kanker payudara, saluran empedu, kulit, dan hati dan bahkan kanker usus besar.

3. Meningkatkan kesuburan pria

Beberapa penelitian membuktikan bahwa motilitas dan jumlah sperma meningkat ketika mengonsumsi ekstrak akar lengkuas sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria. Selain itu, penelitian 3 bulan pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah juga menunjukkan adanya peningkatan 62% dalam motilitas sperma dibandingkan kelompok pria yang menggunakan plasebo.

4. Menangkal radikal bebas

Lengkuas merupakan sumber antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel di dalam tubuh. Lengkuas sangat kaya akan polifenol, sekelompok antioksidan yang mampu memberikan manfaat kesehatan seperti peningkatan memori dan menurunkan gula darah dan kadar kolesterol LDL. Polifenol juga dianggap bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

5. Mengatasi dan menangkal infeksi

Minyak atsiri yang diekstrak dari akar lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme. Menambahkan lengkuas ke dalam makanan bahkan diketahui juga mampu mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang berdasarkan beberapa penelitian. Lengkuas juga mampu mengatasi infeksi akibat E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi, meskipun efektivitasnya tampaknya bervariasi

Itu dia sekian khasiat lengkuas yang utama untuk kesehatan tubuh.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading