Sukses

Health

3 Penyebab Pusing saat Bangun Pagi, Bisa Jadi karena Gula Darah Rendah

Fimela.com, Jakarta Bangun pagi seharusnya menjadi momen yang menyenangkan. Tubuh menjadi lebih fresh setelah istirahat. Pikiran juga jernih, tapi terkadang malah pusing menyerang. Bahkan membuat badan terasa lemah dan tidak nyaman.

Tentu pengalaman ini akan menghambat pagimu. Kamu menjadi tidak nyaman dan membuatmu tidak semangat. Lalu, sebenarnya apa penyebab pusing saat bangun pagi?

Sahabat Fimela, berikut ini adalah 3 penyebab kepala pusing saat bangun pagi yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Insomnia

Salah satu penyebab utama kepala pusing saat bangun tidur adalah insomnia. Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada tekanan darah, produksi hormon, rasa cemas, stres, dan elemen lain dalam tubuh. Dan semua itu bisa menyebabkan sakit kepala. Kurang tidur atau mengalami insomnia bisa menyebabkan sakit kepala saat bangun di pagi hari. Sakit kepalanya umumnya ditandai dengan kepala yang terasa berat dan cenut-cenut.

Gula Darah Rendah

Tidur selama enam hingga delapan jam bisa membuat gula darah menurun. Bagi penderita diabetes, kondisi ini bisa menyebabkan sakit kepala hipoglisemik (hypoglycemic headache) di malam hari atau saat bangun di pagi hari. Penderita migrain juga menyebutkan rasa lapar dan rendahnya gula darah sebagai penyebab pusing saat bangun tidur. Hal inilah yang menyebabkan kepala terasa sakit saat bangung pagi.

Sakit Kepala Tegang (tension headache)

Sakit kepala tegang (tension headache) ini merupakan jenis sakit kepala yang paling umum dialami orang dewasa. Bisa muncul secara periodik atau bahkan hampir setiap hari. Seperti yang dilansir oleh doctorshealthpress.com, penyebabnya bisa berasal dari stres, Depresi, dan rasa gelisah/cemas. Tak heran jika tension headache ini juga disebut Stress headache. Rasa sakitnya bisa terasa amat parah di pagi hari saat baru bangun tidur.

Sakit kepala setiap bangun pagi sebaiknya jangan disepelekan. Jika masalah ini berlanjut segera konsultasikan dengan dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

What's On Fimela
Loading