Sukses

Health

Platform Kesehatan dengan ISO 27001 Mampu Pastikan Keamanan Data Pengguna

Fimela.com, Jakarta Kemajuan teknologi kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan harus tetap memperhatikan perlindungan konsumen. Apalagi, di era digital ini, keamanan data menjadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk menggunakan aplikasi digital apa pun. 

Salah satu yang menjadi standar yang diakui secara internasional untuk menerapkan sistem manajemen keamanan informasi ialah Sertifikasi ISO 27001. Sistem ini pun kini dimiliki oleh platform kesehatan, Good Doctor.

Danu Wicaksana, mengatakan, akusisi tepat waktu sertifikasi ISO 27001 di semua entitas Good Doctor Technology termasuk Indonesia memungkinkan untuk lebih menunjukkan dukungan terhadap upaya pemerintah untuk melindungi kerahasiaan data publik.

 

Oleh karena itu, diperolehnya sertifikasi ini juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan perusahaan terhadap layanan platform kesehatan online.

“Berbagai langkah telah dilakukan Good Doctor untuk menjaga kerahasiaan data konsumen. Good Doctor menggunakan platform keamanan data standar industri yang dirancang khusus untuk melindungi data penggunanya,” ujar Danu dalam siaran pers yang diterima Fimela. 

Ia menjelaskan, keamanan data mulai dari dokter hanya bisa mengakses data saat melayani pasien. Setelah itu, data hanya dapat diakses oleh Komite Medis. Pasien yang akan berkonsultasi hanya dapat menggunakan perangkat yang telah terdaftar sehingga pengguna tidak dapat melakukan login melalui perangkat yang berbeda.

Saat konsumen menghubungi Customer Service (misalnya mengenai permintaan resep), Good Doctor akan memverifikasi pengguna terlebih dulu.

ISO 27001 juga menjadi acuan standar keamanan platform SATUSEHAT. Platform yang merupakan pertukaran data kesehatan seluruh masyarakat Indonesia ini diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada akhir Juli lalu dan kini dalam tahap uji coba Beta. 

“Selamat kepada Good Doctor yang telah meraih sertifikasi ISO 27001. Komitmen dan kerja keras yang telah dilakukan oleh Good Doctor untuk memberikan pelayanan terbaik tidak hanya dari sisi medis, tetapi juga dengan menjaga kerahasiaan data penggunanya telah membuahkan hasil dengan diperolehnya sertifikasi ini,” ujar Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office, Setiaji.

Tim Sistem Manajemen Keamanan Informasi

Sebagai penyedia layanan kesehatan digital dengan indeks kepuasan pelanggan tertinggi di Indonesia, Good Doctor menyadari bahwa informasi pribadi dan medis sangat sensitif dan memerlukan protokol tata kelola yang tepat untuk memastikan keamanan data setiap saat.

Good Doctor telah menerapkan tim Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) mereka yang memastikan bahwa pemeriksaan kualitas dan kerangka kerja yang sesuai telah tersedia untuk menjunjung tinggi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan semua data perusahaan. Mulai dari konsultasi medis virtual, janji temu medis secara online dan offline, resep medis, dan belanja produk kesehatan secara online.

"Penerapan SMKI ini bertujuan untuk melindungi kepentingan bisnis Good Doctor dengan mengidentifikasi, menangani, dan mengurangi kemungkinan serangan dunia maya serta menjaga tempat kerja dan pengoperasian teknologi yang aman dan terjamin bagi perusahaan dan karyawannya. Mereka juga memantau keamanan data baik untuk platform maupun data pengguna kami," ujar  Danu.

SMKI terdiri dari satu set kontrol keamanan yang melindungi aset informasi melalui kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan. Melalui kerahasiaan, memastikan bahwa informasi selalu terpantau dan hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading